Seorang bayi sedang diukur tinggi badan dengan posisi telentang.

Seorang bayi sedang diukur tinggi badan dengan posisi telentang.

Apakah Anak Anda Stunting?

Menimbang berat badan anak tidak dapat memastikan apakah anak stunting atau tidak. Dibutuhkan pengukuran yang menyeluruh atas fisik anak dengan standar antropometri.

Secara umum antropometri artinya ukuran tubuh manusia. Ditinjau dari sudut pandang gizi, maka antropometri gizi berhubungan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi (Supariasa, dkk., 2001)

Ukuran Panjang Badan (PB) digunakan untuk anak umur 0 sampai 24 bulan yang diukur telentang. Bila anak umur 0 sampai 24 bulan diukur berdiri, maka hasil pengukurannya dikoreksi dengan menambahkan 0,7 cm.

Ukuran Tinggi Badan (TB) digunakan untuk anak umur di atas 24 bulan yang diukur berdiri. Bila anak umur diatas 24 bulan diukur telentang, maka hasil pengukurannya dikoreksi dengan mengurangkan 0,7 cm.

Cara mengukur panjang/tinggi anak :

  1. Siapkan papan datar atau meja pengukur. Apabila tidak ada, dapat digunakan pita pengukur (meteran).
  2. Baringkan anak telentang tanpa bantal (supinasi), luruskan lutut sampai menempel pada meja (posisi ekstensi). Luruskan bagian puncak kepala dan bagian bawah kaki (telapak kaki tegak lurus dengan meja pengukur) lalu ukur. Bila anak diukur berdiri, tegakkan badan tanpa alas kaki pada dinding atau bidang tegak yang datar, beri tanda dan ukur dari puncak kepala hingga tumit kaki.

Cara membaca tabel Antropometri :

  1. Kategori status gizi kolom merah tua berarti anak termasuk sangat pendek/tinggi di bawah/atas normal, perlu perhatian dan tindakan segera dari tenaga kesehatan.
  2. Kategori status gizi kolom oranye dan kuning berarti anak termasuk pendek/tinggi di bawah/atas normal, perlu perhatian dan tindakan dari tenaga kesehatan.
  3. Kategori status gizi kolom hijau muda berarti anak panjang/tinggi normal.