Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Yuk, Siapkan Keperluan Menyambut Bayi Usia MPASI!

Yuk, Siapkan Keperluan Menyambut Bayi Usia MPASI!

img_48202570170156.jpeg

Bagi sebagian ibu, memberikan makanan pendamping ASI pada bayinya usia 6 bulan merupakan pengalaman terbarunya. Untuk mempersiapkan masa MPASI tersebut tentunya ibu sudah harus mempersiapkannya. Apa saja yang perlu ibu persiapkan? Pengetahuan mengenai pemberian MPASI yang benar sesuai usia bayi Informasi mengenai pemberian MPASI merupakan hal penting yang perlu ibu peroleh. Karena dalam pemberian MPASI ini ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui sesuai usia bayi. Jangan sampai ibu salah dalam memberikan MPASI pada bayinya sehingga berdampak pada kesehatannya. Selain mengenai kepekatan/kepadatan makanan yang bertahap sesuai usia juga termasuk jumlah porsi makan, frekuensi pemberiannya, jenis dan variasi makanan, serta bagaimana cara pemberian makan yang baik sehingga anak tertarik untuk makan dan tidak menolak makan. Semua pengetahuan ini perlu ibu ketahui.

Perlengkapan Makan Bayi Siapkan peralatan makan dan minum bayi. Kini banyak ragam yang tersedia. Pilihlah alat makan dan minum dengan warna-warna menarik atau bergambar sehingga anak tertarik dan mendorong keinginannya untuk makan. Tapi jangan lupa dari bahan yang tidak mudah pecah dan tergolong food grade atau aman untuk makanan. Ibu juga bisa menyediakan beberapa buah apron yang menutupi bagian dada dengan ikatan atau rekatan di bagian belakang lehernya. Gunakan apron ini ketika di waktu-waktu makan si kecil agar makanan tidak secara langsung mengotori pakaiannya.

Perlengkapan Alat Masak Ada baiknya untuk mengolah makanan buat bayi, ibu menggunakan peralatan masak yang terpisah dari yang biasa digunakan sehari-hari. Misalnya, untuk memasak makanan bayi ibu gunakan panci kecil khusus, saringan makanan khusus untuk menyaring bubur, blender makanan, tempat tanak nasi kecil, penghangat makanan, cetakan-cetakan untuk nasi, dan sebagainya. Ibu bisa berkreasi mengolah berbagai masakan dengan peralatan masak yang dimilikinya.

Aneka Menu Resep masakan Ibu sudah bisa mencari, memilih, dan mengumpulkan resep-resep masakan yang akan ibu buat sesuai usia bayinya. Kini sudah banyak tersedia buku resep masakan sesuai usia bayi yang dapat ibu temui di took buku. Bisa juga ibu cari berbagai resep lewat internet. Ketika mulai memberi MPASI, ibu bisa praktikkan resep-resep pilihan tersebut, sesuaikan dengan kreasi ibu, dan bisa berganti-ganti pemberian menunya sehingga bayi tidak merasa bosan.

Persiapkan jadwal pemberian makan Buatlah semacam jadwal pemberian makan yang bisa ibu ganti jadwalnya setiap minggu sekali, misalnya. Di dalam jadwal tersebut sudah dituliskan waktu-waktu pemberian makan pada bayi, baik pemberian ASI dan juga MPASI. Tempelkan jadwal pemberian makan tersebut di tempat yang mudah dilihat semisal di pintu kulkas atau di papan white board khusus. Adanya jadwal ini dapat membuat bayi mempunyai kebiasaan makan yang teratur. Selain itu, juga akan memudahkan bagi ibu yang bekerja untuk dapat mengawasi pemberian makan pada bayinya oleh asisten/orang di rumah.

Berita: Cuti Menyusui Enam Bulan Bisa Diadopsi Nasional

Berita: Cuti Menyusui Enam Bulan Bisa Diadopsi Nasional

Mitos Seputar MPASI: Siapa Bilang Ikan Tidak Boleh?

Mitos Seputar MPASI: Siapa Bilang Ikan Tidak Boleh?