Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Vitamin dan Mineral Bagi Ibu Menyusui

Vitamin dan Mineral Bagi Ibu Menyusui

buahbuahan3.jpg

Kebutuhan ibu menyusui meningkat dibanding tidak menyusui.  Kebutuhan vitamin dan mineral semasa menyusuipun lebih banyak. Maka itu, ibu menyusui harus membiasakan makan makanan yang bergizi dan beragam. Karena di dalam makanan bergizi terkandung zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Juga mengandug zak gizi miro yang terdiri dari vitamin dan mineral. Di masa menyusui, ibu membutuhkan vitamin penting seperti vitamin B1, B6, B12, vitamin A serta vitamin lain seperti vitamin D, E, K dan C. Demikian juga dengan mineral seperti yodium, selenium, dan zat besi. Semua vitamin dan mineral penting tersebut dapat diperoleh dari sumber bahan makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan lain-lain serta dari sumber bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Sumber bahan makanan tersebut harus ada beragam dalam menu setiap harinya.

Sayangnya, seringkali kebutuhan vitamin dan mineral dari bahan makanan yang beragam tersebut tidak terpenuhi oleh ibu menyusui, karena berbagai sebab. Untuk mencegah agar tidak terjadi kekurangan gizi, ibu menyusui memerlukan suplemen vitamin dan mineral.  Tapi perlu diingat, bahwa suplemen vitamin dan mineral ini hanyak pelengkap bukan menggantikan zat gizi vitamin dan mineral yang didapat dari makanan.

Tentunya dalam mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral, ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Agar jangan sampai terjadi kelebihan dosis. Karena bagaimanapun juga bisa ada dampak dan efek samping dari penggunaan yang tidak sesuai kebutuhan.

 

Daun Katuk dan Torbangun Bantu Tingkatkan Produksi ASI

Syarat Ibu dengan HIV Boleh Menyusui Bayi

Syarat Ibu dengan HIV Boleh Menyusui Bayi