Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Upaya Penyelamatan Periode Emas Kehidupan Balita

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Kesehatan menggelar advokasi percepatan pencapaian program gizi. Hadir narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh Kasubbid Penanggulangan Masalah Gizi Direktorat Gizi Masyarakat, Dr.Marina Damayanti M.Km. Ia memaparkan materi tentang strategi penyelamatan 1000 hari pertama kehidupan. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Lambar, Drs. H. Makmur Azhari  mengatakan, gizi adalah salah satu unsur penting dan faktor pendukung dalam pembangunan sumber daya manusia. Gizi yang terpenuhi akan dapat menentukan kualitas SDM yang sehat dan cerdas. Maka itu, terpenuhinya gizi sejak anak usia dini menjadi perhatian pemerintah. Karena kekurangan gizi pada usia dini akan berdampak buruk dan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak dapat mengalami kegagalan pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan, menurunkan produktifitas, menurunkan daya tahan tubuh, kesakitan hingga kematian.

Kondisi geografis Indonesia dengan penyebaran penduduk yang tak merata, menyebabkan ada beberapa kendala dalam pemberian pelayanan kesehatan, terutama di wilayah yang belum ada fasilitas kesehatan memadai.  Dalam upaya mendekatkan pelayanan agar akses kesehatan dapat terjangkau, program puskesmas keliling tetap menjadi pilihan terbaik. Dengan kegiatan ini diharapkan kasus kekurangan gizi dan gizi buruk tidak ada lagi. Cara yang dilakukan dengan memberi penyuluhan pentingnya periode emas balita atau 1000 Hari Pertama Kehidupan (sejak usia janin sampai usia anak 2 tahun). Penyuluhan diberikan kepada ibu hamil maupun calon ibu hamil hingga kepelosok desa.

Upaya yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Lambar melalui dinas kesehatan diantaranya kegiatan pelacakan dan penanggulangan balita kurang energi protein (balita KEP) dan ibu hamil kurang energi kronis (bumil KEK), pelatihan kader keluarga sadar gizi (kadarzi), sosialisasi ASI eksklusif, pemberian makanan tambahan pada balita (PMT balita) dan PMT pada ibu hamil. Untuk meningkatkan perbaikan program gizi dimasa mendatang, perlu adanya kegiatan yang  mendukung diantaranya pertemuan advokasi peningkatan pencapaian program gizi di kabupaten Lambar yang saat ini dilakukan.

(Sumber : lampungpagi.com)

Salah Satu Cara Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Salah Satu Cara Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Risiko Pertumbuhan Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah