Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips untuk Menjaga Pola Makan yang Sehat Saat Masa Nifas

Tips untuk Menjaga Pola Makan yang Sehat Saat Masa Nifas

9-makanan-yang-baik-dikonsumsi-setelah-melahirkan.jpg

Setelah ibu melahirkan, proses penyembuhan membutuhkan upaya yang maksimal agar seluruh tubuhnya dapat kembali normal. Biasanya, masa nifas berlangsung selama kurang lebih 40 hari setelah melahirkan dan ini membutuhkan perhatian yang sama saa tibu masih mengandung. Yang paling utama, adalah kebutuhan makanan yang bergizi agar sistem kekebalan tubuh ibu akan aktif. Nah, saat berbicara tentang makanan, masih banyak sekali mitos yang timbul di masyarakat, apagi tentang makanan yang berbahaya pasca melahirkan normal. Ini akan membahayakan, karena kesalahpahaman akan menghindari ibu untuk makan makanan yang bergizi saat pemulihan.

Jadi, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi? Di bawah adalah daftarnya.

Pertama adalah susu, yang ternyata juga dibutuhkan oleh iu selain si kecil untuk menambah kalsium serta protein di dalam tubuh ibu. Untuk sehari-hari, pilihlah susu yang rendah lemak. Selain untuk menambah asupan gizi ibu, proses menyusui si kecil juga akan lebih lancer karena ASI akan penuh dengan calcium, serta vitamin D untuk menguatkan tulang si kecil.

Kedua, adalah ikan salmon. Mungkin tidak ada sumber makanan yang sempurna, tetapi ikan salmon sangat mendekati apalagi ketika membicarakan gizi ibu. Ikan salmon mengandung fatty acid yang disebut DHA. DHA sangatlah penting untuk membangun sistem saraf si kecil. Jangan dengarkan mitos tentang konsumsi ikan saat masa nifas karena semua kandungan gizi yang ada, termasukan Omega 3 sangat penting untuk perkembangan si kecil dan kesehatan ibu.

Ketiga, coklat. Benar, coklat. Untuk ibu di masa nifas, dark chocolate adalah tipe coklat yang paling baik, apalagi untuk memperbaiki mood ibu dengan kandungan cocoa sebanyak 70%. Ibu dapat menjadikannya cemilan di sela-sela menyusui. Selain itu, dark chocolate dapat membuat ibu tenang, serta melebarkan pembuluh darah untuk menstimulasi hati ibu.

Keempat adalah sayuran hijau. Banyaklah mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis dan sayuran hijau laiinya yang mengandung vitamin C dan zat besi yang kaya akan antioksidan.

Kelima, adalah daging, khususnya, yang tanpa lemak. Dalam rangka 4 sehat 5 sempurna, ibu tidak usah takut untuk makan daging merah. Kekayaan zat besi di dalam daging merah akan membantu ibu memulihkan luka jahitan habis melahirkan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, serta menguras energi ibu sebagai ibu baru.

Sumber: Berbagai macam sumber

 

Cara Atasi Sembelit Pada Bayi saat Diberi MPASI

Cara Atasi Sembelit Pada Bayi saat Diberi MPASI

Hari Radio Internasional

Hari Radio Internasional