Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips Menyusun Menu Balita dengan Kandungan Gizi Seimbang!

Tips Menyusun Menu Balita dengan Kandungan Gizi Seimbang!

Pemberian-Makan-Tambahan-Posyandu-Binawarga-Desa-Palangkai-3.jpg

Tips Menyusun Menu Balita dengan Gizi Seimbang!  

Ketika menyusun menu si kecil, kita harus memperhatian variasi menu makanan agar ia tidak bosan, selai komposisi gizi yang ada di dalam makanan. Ibu dapat membuat siklus menu tujuh haru atau sepuluh hari dan memperhatikan penyajian makanan juga. Karena, ini dapat mempengaruhi selera makan anak, baik dari penampilan, tekstur, warna, aroma, besar porsi dan pemilihan alat makan yang menarik.

 

Jika pilihan menu anak balita tidak seimbang, anak akan kekurangan gizi yang tentu akan berdampak buruk kepada anak-anak. Di sini kita harus ingat lagi bahwa asupan gizi yang baik akan membantu perkembangan sel-sel otak dan tubuh anak.

 

Sarapan pagi adalah waktu yang terpenting dalam jadwal makan si kecil, dan akan tertanam hinggi ia dewasa jika ibu persiapkan dengan baik sejak dini. Biasakan anak untuk sarapan pagi karena sarapan akan memnuhi persediaan energi untuk aktifitasnya sepanjang hari.

 

Menu sarapan pagi tidak haurs komplit, porsinya pun juga lebih sedikit. Tetapi, tetap pastikan bahwa ia mendapatkan protein seperti telur dan vitamin dari sayur. Ibu dapat membuat bubur kacang hijau atau nasi dengan telur dan olahan sayur.

 

  1. Menu makan siang dan malam
  • Kelompok gandum: misalnya, satu potong roti, setengah cangkir nasi
  • Kelompok nabati: setengah gelas sayuran potong atau satu gelas sayuran dain.
  • Kelompok buah-buahan: satu jenis buat, ¾ gelas jelas jus buah murni (tanpa gula), ½ gelas buah kaleng atau ¼ gelas buah kering.
  • Kelompok daging: 2-3 ons daging lunak/ungags/ikan yang sudah dimasak, ½ gelas kacang kering masak. 1ons daging bisa menggantikan 2 sdm mentega atau 1 butir telur.
  • Lemak, minyak dan gula: kandungan lemak dalam makanan tidak boleh lebihd ari 30%. Perhatikan juga jenis lemak yang dikonsumsi.Lebih baik gunakan lemak jenuh yang terdapat pada zaitun dan jagung.

Ingat, menu makan siang dan halam harus terdiri dari makanan pokok, dilengkapi dengan lauk hewani, lauk nabati, sayuran dan buah-buahan. Tetapi, makan malam si kecil tidak harus makan buah. Pengaturan ini sesuai dengan triguna makanan (susunan makanan seimbang untuk tubuh kembang balita yang harus terdiri atas tiga golongan besar bahan makanan)

 

  1. Menu makanan selingan

Si kecil tentu perlu snack atau makanan selingan di sela-sela makanan utamanya. Oleh karena itu, yang ditekankan di sini bukan kandungan kalori karena snack hanya untuk melengkapi komposisi gizi seimbang yang belum terpenuhi di menu makanan utama. Di sini ibu bisa berikan buah seperti pisang yang dapat ia pegang atau biscuit.

 

Nah, demikianlah beberapa aturan dalam menyusun menu si kecil. Tetapi, ibu tidak boleh lupa untuk menerapkan hal hal ini:

 

  • Sajikan jenis makanan yang beragam
  • Pilih makanan kaya serat dari gandumg, sayuran dan buah-buahan.
  • Pilih makanan yang rendah lemak dan kalori
  • Batasi konsumsi gula dan garam, jangan berlebihan
  • Pilih makanan yang mengandung cukup kalsium dan zat besi
  • Hindari penyediaan makanan dan minuman berkalori tinggi, minuman ringan dan es krim.
  • Ciptakan kebiasaan memilih makanan sehat dalam keluarga

 

Sumber: Gaya Bunda

 

 

Apakah Sayuran yang Digoreng Tetap Bergizi?

Apakah Sayuran yang Digoreng Tetap Bergizi?

Perbaiki Gizi Remaja dan Cegah Stanting

Perbaiki Gizi Remaja dan Cegah Stanting