Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips Menyusui Setelah Melakukan Persalinan Caesar

Tips Menyusui Setelah Melakukan Persalinan Caesar

sembuh-operasi-caesar-sesar-habis-luka-cepat-obat.jpg

Tips Menyusui Setelah Melaukan Persalinan Caesar

Beberapa wanita di Indonesia memilih persalinan dengan operasi caesar. Pertimbangan tersebut bisa sekedar pilihan, atau dari pertimbangan medis untuk mencegah komplikasi apapun. Tentunya, semua sesuai anjuran dari dokter yang mengharuskan untuk melakukan operasi caesar. Namun, walaupun begitu bayi yang telah terlahir melalui proses persalinan caesar, ia masih membutuhkan asupan ASI sebagai sumber nutrisi yang paling pertama dan paling baik untuk pertumbuhannya. Pada kondisi yang berbeda, untuk ibu yang akan menyusui, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan kondisi tubuh setelah proses operasi caesar.

Walaupun kondisi ibu masih sangat lemas setelah melewati operasi, namun pasti ibu sangat ingin langsung memberikan ASI untuk si kecil. Bayi yang terlahir melalui operasi caesar kemungkinan besar akan terlihat sedikit lesu jika dibandingkan dengan bayi yang lahir normal. Hal ini dikarenakan si kecil terkena imbas obat anestesi yang diberikan kepada ibu. Oleh karena itu, bayi masih sedikit lemah untuk menghisap ASI. Tetapi, ibu tidak usah putus asa untuk tetap memberikan si kecil ASI. Bahkan, ibu masih dapat melakukan proses IMD di ruangan ruang operasi atau Inisiasi Menyusui Dini yang sangat dianjurkan oleh World Health Organization (WHO).

Berikutlah tips untuk memudahkan ibu menyusui si bayi setelah selesai operasi

  1. Menjelang waktu melahirkan, ibu dapat mencari tahu kepada konsultan ahli tentang contoh posisi tidur yang miring, serta mengempit bayi ketika menyusui.
  2. Jika ibu memilih untuk duduk, ibu dapat menggunakan kursi yang berlengan, atau memiliki sandaran yang tegak. Jika diperlukan, ibu dapat menambahkan bantal pada sisi ibu untuk mengangkat tubuh bayi untuk sama tingginya dengan payudara anda agar dpat melindungi bekas luka bedah.

Pemulihan kondisi badan setelah operasi cesar memang terdengar sangat sulit. Apalagi ditambah dengan merawat bayi. Tetapi dengan wakti, kesabaran serta bantuan dari suami dan keluarga, ibu akan suskses menyusui.

Mengapa Bayi Alami Gumoh?

Mengapa Bayi Alami Gumoh?

Cara Tangani Bayi Kolik

Cara Tangani Bayi Kolik