Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips Menyusui Selama Bulan Puasa

Tips Menyusui Selama Bulan Puasa

ibu-menyusui-_140803014337-566.jpg

Selama bulan puasa, memang tidak ada larangan untuk tidak berpuasa. Namun, jika ibu ingin berpuasa, tidak ada masalah dan ibu tidak harus khawatir kalau bayi haus atau kelaparan.  Selain itu, kuantitas dan kualitas ASI juga tidak akan menurun walaupun asupan makanan dan minuman terbatasi dalam sehari. Tetapi, ibu menyusui harus tetap makan makanan yang bergizi sesuai kebutuhan setiap hari. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk menyusui selama berpuasa:

  1. Tetaplah makan makanan yang bergizi saat sahur dan setelah buka puasa dengan menu yang seimbang dengan memasuki sumber serat yang banyak dari sayuran dan buah.
  2. Ibu harus mengatur waktu dan aktivitas untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk menyusui, dan untuk jangan menunggu sampai bayi menangis untuk tahu bahwa dia lapar.
  3. Walaupun makanan juga penting, ibu menyusui juga tidak boleh lupa untuk minum air putih agar tidak dehidrasi untuk mendukung produksi ASI.
  4. Saat sahur, tambalah sumber protein untuk mendukung kebutuhan energi ibu seperti telur rebus sebelum makanan yang lain.
  5. Yang terakhir adalah untuk menyusui sesering mungkin. Ketika ibu dekat dengan bayi, hormon kasih sayang, atau hormon oksitosin akan keluar secara alami. Hormon ini lah yang sebenarnya memproduksi ASI, sehingga seringnya menyusui akan membuat ASI keluar lebih lancar selama puasa.
Peran Ayah pada Pemberian ASI Eksklusif

Peran Ayah pada Pemberian ASI Eksklusif

Apakah Dampak Berpuasa pada ASI?

Apakah Dampak Berpuasa pada ASI?