Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips Memenuhi Asupan Gizi Ibu Menyusui

Tips Memenuhi Asupan Gizi Ibu Menyusui

8-Jenis-Makanan-yang-Wajib-Ada-di-Piring-Ibu-Hamil-alodokter.jpg

Pengaturan Makan Ibu Menyusi

Ibu menyusui perlu memerhatikan beberapa hal untuk dapat memenuhi kebutuhan gizinya saat menyusui si kecil. Prinsip yang digunakan dalam pengaturan makan ibu saat menyusui adalah gizi yang seimbang. Artinya, ibu tidak harus menjalani diet atau mengurangi makanan tertentu selama menyusui.

  1. Meningkatkan frekuensi makanan

Ibu menyusui tidak perlu khawatir jika merasa bahwa ibu telah makan terlalu banyak. Ibu yang menyusui harus meningkatkan frekuensi makan untuk meningkatkan asupan energinya. Mengonsumsi makanan dengan porsi kecil, secara sering menjadi cara yang paling mudah untuk mencapai kebutuhan konsumsi ibu.

2. Mengonsumsi suplemen

Peningkatan kebutuhan energi dan zat gizi ibu yang tinggi dapat disiasati dengan konsumsi suplemen jika ibu merasa bahwa konsumsi hariannya tidak memenuhi semua kebutuhan zat gizinya, terutama zat gizi mikro.

3. Mengonsumsi makanan padat gizi.

Makanan yang padat gizi sangat penting untuk mencapai kebutuhan gizi ibu, Makanan dengan volume yang rendah namun bergizi tinggi sangat tepat untuk dikonsumsi oleh ibu laktasi. Contohnya adalah mengonsumsi setengah mangkuk bubur kacang hijau (mengandung energi, protein, vitamin dan mineral) lebih baik daripada satu mangkuk bubur sumsum yang hanya mengandung energi saja.

Sumber: Gizi Ibu dan Bayi, Dr. Sandra Fikawati, Ahmad Syafiq, Ph.D, Khaula Karima, S.Gz

Ciri-Ciri Bayi yang Tengah Mengalami Lonjakan Pertumbuhan

Ciri-Ciri Bayi yang Tengah Mengalami Lonjakan Pertumbuhan

Cara Kontrasepsi Alami - Metode Amenorea Laktasi (MAL)

Cara Kontrasepsi Alami - Metode Amenorea Laktasi (MAL)