Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil boleh menjalankan puasa, asalkan memerhatikan hal-hal berikut :

  1. Usia Kehamilan

Usia kehamilan yang aman bagi bumil menjalankan puasa yaitu pada trimester ke-2 dan ke-3. Usia kehamilan trimester pertama tidak disarankan berpuasa. Mengapa? Karena usia kehamilan trimester pertama cukup rawan. Ibu sering mengalami mual muntah. Kondisi ini membuat ibu mengalami kehilangan nafsu makan atau selera makan, makan dengan porsi sedikit, yang bisa memengaruhi berat badan bumil tanpa disadari. Jika bumil memaksakan diri berpuasa maka bisa berdampak buruk.

  1. Konsultasikan dengan dokter atau bidan

Setiap ibu memiliki kondisi yang berbeda. Ada bumil yang sanggup menjalani puasa dan ada yang tidak. Penting untuk bumil mengetahui kondisinya dengan berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Petugas kesehatan yang menangani bumil ini dapat memberikan saran sesuai rekam medis dan kondisi bumil.

  1. Tetapkan tekad

Setelah berkonsultasi dan bumil diperbolehkan berpuasa, maka ibu perlu bertekad kuat. Hal ini agar memberikan sugesti positif dan menghilangkan kekhawatiran ibu akan kondisi dirinya dan juga janin.

  1. Atur Makan Saat Berpuasa

Pada dasarnya, berpuasa menggeser waktu makan. Bumil tak perlu khawatir akan mengonsumsi asupan makanan lebih sedikit saat berpuasa. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kalori yaitu bumil dapat makan lagi setelah shalat tarawih. Tidak harus mengonsumsi makanan berat, bisa berupa camilan atau kudapan dari sayur dan buah.

  1. Mengonsumsi suplemen

Saat berpuasa, kesempatan bumil memperoleh asupan energi dan zat gizi dari makanan berkurang. Sementara saat hamil kebutuhan tersebut bagi bumil meningkat. Nah, untuk membantu mencapai kebutuhan energi dan zat gizi bumil tersebut dapat dibantu dengan konsumsi suplemen. Tapi ingat, harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan bidan atau dokter untuk mengetahui dosis yang diperbolehkan.

  1. Jangan memaksakan diri

Bagi bumil yang tak mampu berpuasa, jangan memaksakan diri. Karena pertumbuhan janin dipengaruhi oleh kondisi gizi ibu dan ini akan menentukan kesehatan anak di masa depan. Jadi, ibu dapat mengganti berpuasanya pada waktu lain saat tidak hamil maupun dengan membayar fidyah.

(Sumber : Gizi Ibu dan Bayi. Dr. Sandra Fikawati, dkk)

 

Penyakit Infeksi Paling Sering Saat Bulan Puasa

Penyakit Infeksi Paling Sering Saat Bulan Puasa

Cukupkah Kebutuhan Energi Ibu Menyusui yang Berpuasa?