Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tips Agar Nyaman Pergi Berlibur Bersama Si Kecil

Tips Agar Nyaman Pergi Berlibur Bersama Si Kecil

traveling-1.jpg

Hore…libur telah tiba! Waktu bersama keluarga untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Pergi ke suatu tempat sering menjadi tujuan berlibur. Bagi keluarga yang mempunyai balita tentu perlu pertimbangan dan persiapan. Sesuaikan pilihan berlibur keluarga dengan kebutuhan si kecil. Bukan sekedar berlibur dan bersenang-senang memenuhi hasrat liburan ala orang dewasa. Kebutuhan balita dalam kenyamanan dan keamanannya saat berlibur tetap menjadi prioritas. Jadikanlah liburan sebagai momen keluarga yang berkesan. Berikut 4 tips perjalanan berlibur bersama si kecil menjadi menyenangkan : 1. Perhatikan rencana lokasi, waktu, dan jarak tempuh Pilihlah acara berlibur yang sifatnya lebih rileks dan santai, tidak terobsesi untuk mengajak si kecil mengunjungi banyak tempat termasuk lokasi-lokasi wisata yang ramai pengunjung. Bijaklah dalam memilih aktivitas berlibur bersama balita. Jangan sampai liburan membuat anak mengalami hal-hal tak menyenangkan, membuatnya kelelahan, tak nyaman dan tidak menikmati, atau bahkan membuat anak menjadi jatuh sakit. Pertimbangkan pula jarak dan waktu tempuh menuju lokasi berlibur. Boleh-boleh saja mengajaknya hingga keluar negeri namun tetap perhatikan kenyamanan anak di perjalanan. Berlibur di dalam kota maupun keluar kota umumnya terkendala pula dengan kemacetan. Hal ini perlu diantisipasi orangtua untuk dapat mengatasi rasa lelah, bosan, jenuh, dan rewel si kecil. Apalagi bila menggunakan pilihan transportasi umum yang akan digunakan. Jika menggunakan kendaraan pribadi mungkin bisa disiasati dengan berhenti-berhenti di lokasi tertentu untuk beristirahat.

2. Kondisi anak harus sehat Jika orangtua sudah menetapkan waktu untuk pergi berlibur, siapkan dari jauh-jauh hari kondisi anak agar tetap sehat. Misalnya, selalu memberikan makan yang sehat dan bergizi secara teratur, beri waktu istirahat yang cukup setiap hari, jangan beraktivitas yang terlalu berlebihan sehingga membuatnya lekas lelah. Upayakan daya tahan tubuhnya tetap baik, sehingga ketika pergi berlibur anak dalam kondisi sehat. Jangan lupa, sebelum memulai perjalanan, perut anak sudah terisi makanan, tidak dalam keadaan kosong. Hal ini penting untuk daya tahan anak selama perjalanan berlibur.

3. Siapkan perlengkapan untuk di perjalanan Biasanya orangtua sudah mempersiapkan dalam koper dan kontainer-kontainer plastik berbagai keperluan dan perlengkapan untuk di lokasi berlibur. Selain itu, jangan lupa siapkan tas tersendiri secara terpisah untuk di perjalanan. Jadi, ketika ada yang diperlukan akan mudah orangtua untuk mengambilnya. Isi tas ini berisi antara lain obat-obatan seperti minyak angin atau vitamin. Camilan makanan yang sudah disiapkan orangtua dalam kotak-kotak makan, botol berisi air minum dan susu kotak yang praktis diberikan pada anak. Juga peralatan makan dan minumnya. Jika usia masih memperoleh ASI, ibu bisa memberikan ASI langsung jika anak memintanya di perjalanan. Tak lupa untuk membawa tisu kering dan basah, kantong-kantong plastik untuk tempat sampah, baju kotor, dan sebagainya. Siapkan pula 1-2 baju salin anak yang diperlukan dalam perjalanan. Sediakan pula buku bacaan atau mainan kesukaan anak yang bisa diberikan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh di perjalanan.

4. Hindari aktivitas berlibur yang melelahkan Sesampai di lokasi penginapan sebaiknya bereskan barang-barang yang dibawa. Siapkan keperluan makan si kecil, berilah waktu untuk anak beristirahat. Aktivitas yang dapat dilakukan anak saat berlibur bisa beragam. Usahakan sebelum beraktivitas, anak sudah dalam kondisi perut terisi supaya cukup energi melakukan aktivitas dan anak tidak rewel. Orangtua bisa mengajaknya jalan-jalan ke lokasi wisata. Jika ingin mengajak pergi pertimbangkan untuk tidak ke banyak lokasi dan tidak terlalu ramai pengunjung. Hal ini untuk menghindari anak dari kelelahan dan rewel. Aktivitas berlibur bisa juga sekedar bermain di area lokasi penginapan, misalnya bermain di kolam renang, di area bermain anak, atau main pasir bila lokasi dekat pinggir pantai. Tentunya dalam beraktivitas, anak selalu dalam pengawasan orangtua. Sebaiknya, orangtuapun selalu terlibat dan berinteraksi dalam kegiatan bermain bersama anak. Hal ini akan mempererat hubungan antara anak dan orangtua. Jadikanlah liburan sebagai ajang menjalin kedekatan orangtua dan anak.

Berlibur yang Aman Bagi Ibu Hamil

Berlibur yang Aman Bagi Ibu Hamil

Wajib Dibaca, Mengatasi Anak Sakit di Saat Liburan

Wajib Dibaca, Mengatasi Anak Sakit di Saat Liburan