Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tentang Alergi dan Variasi Makanan Pendamping ASI

Tentang Alergi dan Variasi Makanan Pendamping ASI

PHGkakzlW1.jpg

Alergi dan  Variasi Makanan Pendamping ASI ASI dari sang ibu memang sangat ampuh untuk memberikan nutrisi penuh pada bayi dikala usianya masih berada antara 0 sampai dengan 6 bulan. Setelah usia bayi diatas 6 bulan, bayi membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dan lebih beragam. Pada masa ini mulai diperkenalkan MPASI –Makanan Pendamping ASI. Karena sifatnya pendamping, maka ASI wajib diberikan hingga bayi berumur 2 tahun.

Bayi membutuhkan nutrisi dan gizi yang sangat banyak untuk menunjang pertumbuhan dari seluruh bagian tubuh termasuk organ dalamnya dan juga untuk memenuhi kebutuhan energinya setiap hari. Pemeberian MPASI Oleh karenanya variasi Makanan Pendamping ASI penting untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Variasi Makanan Pendamping ASI  penting yang akan memberikan banyak manfaat pada kecukupan asupan gizi bayi dan prilaku makan bayi, berikut alasan pentingnya variasa makanan pendamping ASI :

  1. Memperkenalkan Tekstur dan Rasa

MPASI adalah sesuatu yang baru pertama kali dirasakan oleh bayi, sebaiknya untuk awal perlu diperkenalkan kepada bayi berbagai variasi MPASI. Hal ini akan membantu bayi untuk mulai belajar tentang rasa dan tekstur dari MPASI. Dengan mengenalkan berbagai variasi rasa pada MPASI maka, orang tua akan tahu jenis MPASI yang disukai dan tidak disukai si bayi.

  1. Mencegah terjadinya alergi.

Alergi pada bayi memang dianggap wajar karena hampir semua bayi pernah mengalaminya. Akan tetapi anda tidak bisa menganggap enteng alergi ini karena terkadang jika sampai cukup parah maka akan mengakibatkan bayi anda susah bernafas dan anda harus segera membawanya ke dokter. Nah memberikan variasi makanan sejak dini (umur 6 bulan ke atas) sangat penting agar sang bayi bisa langsung mengenali makanan barunya dan kemudian menerimanya. Pemberian makanan pendamping inipun harus dilakukan dengan hati-hati dan secara bertahap agar nantinya tubuh sang bayi tidak kaget dan mengalami alergi secara langsung.

  1. Melatih pencernaan bayi

Variasi MPASI yang baik akan membantu melatih pencernaan bayi. Dengan memberikan variasi yang tepat pada kandungan makanan yang mengandung serat, lemak dan cairan, hal ini akan membantu untuk dapat menghindarkan ganguan pencernaan pada bayi seperti sembelit hingga perut  kembung.

 

 

Gizi Tinggi Prestasi Membuka Lowongan!

Gizi Tinggi Prestasi Membuka Lowongan!

Cara Memilih Makanan untuk Anak yang Terkena Diare