Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tanda Bayi akan Lahir

Tanda Bayi akan Lahir

tanda-bayi-lahir.jpg

Untuk mempersiapkan kehadiran seorang bayi dengan selamat dan sehat, ibu hamil harus mengenali tanda-tanda bayi akan lahir. Sehingga ibu dapat segera mencari pertolongan kepada petugas kesehatan dan persalinan ibu dapat ditangani dengan baik. Tanda-tanda persalinan yang harus dikenali ibu hamil antara lain :

  • Perut mulas secara teratur.

Ibu akan mengalami rasa mulas yang terjadi sering dan berlangsung lama. Biasanya 12 jam sejak mulas teratur yang pertama bayi akan lahir.  Saat mulas teratur ini ibu masih boleh makan, minum, buang air kecil, dan berjalan. Jika terasa sakit, tarik napas panjang lewat hidung dan keluarkan lewat mulut.

  • Terasa ingin buang air besar.

Jika ibu mengalami rasa ingin buang air seperti ini, segera beritahu petugas kesehatan. Mereka akan memandu ibu dan ibu ikuti perintahnya kapan harus mengejan.

  • Keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir.
  • Keluar air ketuban dari jalan lahir.

Jika muncul salah satu tanda tersebut , sebaiknya suami atau keluarga segera membawa ibu untuk mendapatkan pertolongan bersalin dari petugas kesehatan.

Jangan Panik Ketika Bermasalah Saat Proses Bersalin

Apa Saja Persiapan Ibu Bersalin?

Apa Saja Persiapan Ibu Bersalin?