Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tanda Anak Kekurangan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro yang larut dalam lemak. Pemberiannya pada usia bayi 6-11 bulan dan usia balita 12-59 bulan. Vitamin A ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan menjaga kesehatan mata. Vitamin A disimpan dalam hati dan dalam keadaan normal cadangannya dapat bertahan hingga 6 bulan. Apabila simpanan vitamin A dalam tubuh kurang dari kebutuhan, dapat terjadi masalah kurang vitamin A. Kekurangan vitamin A bisa disebabkan karena asupan makanan yang kurang mengandung vitamin A atau adanya gangguan penyerapan vitamin A.

Kandungan vitamin A dalam darah yang kurang akan menyebabkan kerusakan pada mata, menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit. Bila tidak ditangani akan berakibat mengalami kebutaan.

Tanda dan gejala kekurangan vitamin A yaitu :

  • Berkurangnya kemampuan melihat jelas pada cahaya redup. Ini yang disebut dengan rabun senja. Karena itu anak sering mengalami menabrak benda-benda di sekitarnya.
  • Bagian putih mata kering, kusam, dan tidak bersinar.
  • Jika berlanjut tanpa pengobatan akan terdapat bercak seperti busa sabun pada bagian puth mata.

Untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin A pada anak, yang dapat dilakukan yaitu :

  • Berikan makanan sumber vitamin A seperti susu, telur, hati, atau makanan nabati seperti sayuran hijau, buah-buahan berwarna kekuningan.
  • Membiasakan bayi dan balita mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.
  • Pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi setiap 6 bulan sekali, di bulan Februari dan Agustus.
  • Mengonsumsi makanan yang telah diperkaya dengan vitamin A termasuk membubuhkan tabur gizi pada makanan.
Kapan Anak Harus Diimunisasi?

Kapan Anak Harus Diimunisasi?

Kenali Jurus Masak Sehat Ala Pakar Gizi

Kenali Jurus Masak Sehat Ala Pakar Gizi