Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Stanting Jadi Ancaman

Stanting Jadi Ancaman

landak.jpg

Stanting masih menjadi ancaman bagi anak bangsa, termasuk di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Pengakuan ini diungkapkan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Landak, Asuardi Daris. Menurutnya, secara nasional ada 9,2 juta dari 24,9 juta anak balita menderita stanting. "Di Kalbar 38,6 persen, dan di Kabupaten Landak sebesar 32,69 persen berdasarkan riset kesehatan dasar Tahun 2013 yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan," ujarnya dalam acara diskusi publik dan perencanaan partisipatif kampanye gizi nasional, di Aula Dinas Kesehatan Landak (20/1/16).

Menurut Asuardi, stanting  berdampak pada meningkatnya risiko kesakitan dan infeksi , terhambatnya perkembangan otak dan fisik, rentan terhadap penyakit, kurangnya pengetahuan, minimnya prestasi belajar. Ketika dewasa, penderita stanting akan mudah mengalami kegemukan sehingga berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan penyakit tidak menular lainnya.

Untuk itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan. Seorang anak, harus dipastikan kesehatan dan kecukupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan mulai dari janin sampai umur dua tahun.“Ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan pihak swasta. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai investasi peningkatan kualitas sumber daya masyarakat serta investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pendidikan dalam upaya penanggulangan kemiskinan,” jelasnya.

Menurut Campaign Manager Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia, Farah Amini, salah satu upaya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilihat dari investasi kesehatan dan gizi.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengurangi biaya-biaya kesakitan. Dengan bisa meningkatkan kualitas hidup anaknya sehingga bisa menurunkan angka atau biaya pengobatan.” (Sumber : Tribun)

 

 

Berat  Badan Susah Naik, Apakah Tanda Anak Terkena TB?

Berat Badan Susah Naik, Apakah Tanda Anak Terkena TB?

Peran Penting Media Massa untuk Mengurangi Stunting

Peran Penting Media Massa untuk Mengurangi Stunting