Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Standar Emas Pemberian Makan pada Bayi dan Anak

Standar Emas Pemberian Makan pada Bayi dan Anak

unicef1.jpg

Ingin anak tumbuh sehat, tinggi, dan berprestasi? Tentunya dengan memperhatikan asupan makanan bergizi sejak ibu hamil. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan bergizi baik sejak bayi lahir hingga usia yang terus bertambah. Pemberian makan yang baik terutama sejak lahir hingga usia dua tahun merupakan salah satu upaya paling mendasar untuk dapat mencapai kualitas tumbuh kembang anak yang baik. Pemberian makan yang baik ini juga sekaligus memenuhi hak bayi dan anak dalam pemenuhan kebutuhannya yang mendasar.

Pola pemberian makan terbaik pada bayi lahir hingga dua tahun pertamanya adalah sebagai berikut :

  • Pemberian ASI segera dalam waktu 1-2 jam pertama setelah bayi lahir, dan dilakukan dengan adanya kontak kulit antara ibu dengan bayinya. Ini yang disebut dengan istilah Inisiasi Menyusu Dini (IMD).
  • Pemberian ASI saja secara eksklusif sejak bayi lahir hingga berumur 6 bulan.
  • Mulai memberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang baik dan benar sejak bayi berumur 6 bulan
  • Pemberian ASI tetap dilanjutkan sampai anak berumur 24 bulan atau lebih.

 

Pemberian MP-ASI Pada Bayi Mulai Usia 6 Bulan

Pemberian MP-ASI Pada Bayi Mulai Usia 6 Bulan

ASI Eksklusif Hingga Usia Bayi 6 Bulan