Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Sistem Layanan Darurat Medis Gratis 119

Kementerian Kesehatan menyediakan layanan emergency medik nomor 119 yang dapat dihubungi melalui telepon selular atau telepon rumah dan bebas biaya. Layanan ini merupakan integrasi antara National Command Center (NCC) atau Pusat Komando Nasional yang berada di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, dengan Public Safety Center (PSC) yang ada di Kabupaten atau Kota. Rencananya, layanan ini akan segera diluncurkan pada awal bulan Juli. “Masyarakat dapat melaporkan kejadian gawat darurat yang membutuhkan pertolongan medis, misalnya apabila terdapat kecelakaan”, kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Bambang Wibowo di Jakarta (8/6/16).

Tahap awal, sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT) melalui nomor layanan emergency 119 akan difungsikan di 27 lokasi di Indonesia. Lokasi tersebut adalah Aceh, Medan, Kabupaten Bangka, Kota Bandung, Kota Yogyakarta, Kota Solo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Tulung Agung, Kota Mataram, DKI Jakarta, Kabupaten Bangtaeng, Manado, Kabupaten Tangerang, Kota Palembang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Makasar, RSUP Kandau Manado, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Kendal, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Tuban, Kabupaten Trenggalek, Kota Denpasar, BPBD Provinsi Bali dan Kabupaten Badung Bali.

Bambang mengatakan, alur pelayanan dalam SPGDT dimulai saat NCC menerima panggilan dari masyarakat di seluruh Indonesia selama 24 jam. Telepon yang bersifat gawat darurat akan diteruskan ke PSC Kabupaten atau Kota. Selanjutnya akan menindaklanjuti laporan tersebut. Penanganan yang akan ditindaklanjuti meliputi kegawatdaruratan, kebutuhan informasi mengenai tempat tidur, fasilitas kesehatan terdekat, dan ambulans.

PSC berjejaring dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dengan lokasi kejadian untuk mobilisasi atau merujuk pasien guna mendapatkan penanganan gawat darurat. Tak hanya itu, PSC dapat dilaksanakan secara bersama-sama dengan unit teknis lain di luar bidang kesehatan, seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Tergantung kekhususan dan kebutuhan daerah.

"Untuk telepon yang bersifat pertanyaan, informasi kesehatan lainnya, dan pengaduan kesehatan akan diteruskan ke nomor Halo Kemkes (1500-567)," kata Bambang.

(Sumber : nasional.republika.co.id)

Pelarangan Promosi Produk Susu Formula Bayi

Pelarangan Promosi Produk Susu Formula Bayi

Siasati Konsumsi Cairan Bagi Ibu Hamil yang Berpuasa

Siasati Konsumsi Cairan Bagi Ibu Hamil yang Berpuasa