Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Remaja, Kok, Bisa Kurang Gizi?

Remaja, Kok, Bisa Kurang Gizi?

onremajacom1.jpg

Ada kecenderungan pada remaja sekarang ingin mempunyai tubuh yang kurus. Nilai kurus dianggap mereka suatu bentuk yang ideal. Dipicu keinginan tersebut maka remaja mengurangi asupan makannya. Padahal, di usia ini aktivitas mereka cukup tinggi dan memerlukan banyak energi. Akibatnya, mereka akan mengalami asupan gizi yang tidak seimbang. Remaja akan menjadi kurang gizi, yaitu suatu kondisi kekurangan berat badan dibandingkan tinggi badannya.  Kurang gizi pada remaja ini tentunya dipengaruhi pula oleh asupan gizi di masa-masa sebelumnya. Remaja yang mengalami kurang gizi nantinya akan berakibat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah serta melahirkan bayi dengan panjang badan di bawah standar atau stanting. Berikut tanda-tanda remaja yang mengalami kurang gizi :

  • Lingkar lengan atas (LILA) jika diukur < 23,5 cm, dan remaja berisiko kurang energi kronis.
  • Tinggi badan di bawah standar atau pendek.
  • Indeks Masa Tubuh (IMT) < 18,5. Untuk mengetahui status gizi remaja dapat menggunakan IMT ini. Cara menghitungnya yaitu: berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat, BB (kg) : TB (m)2.

Bila  IMT   17.0   sangat kurus

IMT   17,0 – 18,5 kurus

IMT   18,5 – 25.0 normal

IMT   25,0 – 27,0  berat badan ringan (overweight)

IMT   > 27 berat badan berat (obesitas)

  • Kurang aktif dan atau disertai kurang nafsu makan

Untuk mencegah remaja kurang gizi maka yang dapat dilakukan yaitu :

  • Makan teratur dengan cukup energi dan protein, serta makan yang beragam.
  • Jangan lupa menjaga perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum makan dengan sabun dan air bersih.
  • Memilih makan makanan yang tidak berlemak, tidak terlalu manis, dan tidak terlalu asin.
  • Melakukan aktivitas fisik agar tetap sehat dan segar.
Kenali Gejala Remaja Kurang Darah

Kenali Gejala Remaja Kurang Darah

Kebutuhan Gizi Remaja Lebih Banyak dari Orang Dewasa.

Kebutuhan Gizi Remaja Lebih Banyak dari Orang Dewasa.