Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Posisi Menyusui Benar, Pemberian ASI Berhasil Baik

Posisi Menyusui Benar, Pemberian ASI Berhasil Baik

ibudanmamacom1.jpg

  Keberhasilan pemberian ASI sangat dipengaruhi oleh posisi tubuh ibu dan bayi serta perlekatan bayi pada payudara ibunya benar. Pemberian ASI dengan benar ini membuat bayi tercukupi kebutuhannya dan ibu terhindar dari risiko puting lecet/luka. Maka itu penting memperhatikan posisi tubuh ibu dan bayi ketika menyusu, yaitu :

  • Pilihlah posisi yang dirasa ibu nyaman. Jika ibu memilih posisi duduk, maka duduklah dengan nyaman dan santai. Badan ibu bisa bersandar dan kaki tidak menggantung. Jika perlu kaki diberi penyanggah/dingklik. Jika ibu memilih posisi berbaring maka posisikan badan ibu miring menghadap bayi. Jika perlu punggung ibu disanggah bantal. Berbaringlah dengan nyaman dan santai.
  • Arahkan seluruh tubuh bayi menghadap ke perut ibu. Perut bayi menempel pada badan ibu. Wajah bayi menghadap payudara dan hidungnya berhadapan dengan puting.
  • Peluk tubuh bayi dekat dengan tubuh ibu. Ibu menyanggah seluruh badan belakang bayi.
  • Letakkan kepala bayi pada lengan diantara lengkung siku dan pergelangan tangan ibu, dan bokong bayi diatas pangkuan ibu. Sanggah bagian kepala bayi dan juga bagian bawah tubuhnya.

 

Metode Kanguru Tingkatkan Pemberian ASI

Metode Kanguru Tingkatkan Pemberian ASI

Apa Tanda Anak Tumbuh Sehat?

Apa Tanda Anak Tumbuh Sehat?