Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pijat Bayi - Aman, kah?

Pijat Bayi - Aman, kah?

homecare3.jpg

Pijat bayi atau istilahnya baby massage atau infant massage kiini sudah menjadi semacam trend.Apalagi sudah banyak ditemui tempat-tempat semacam baby spa. Tapi apakah pijat bayi aman dilakukan?

Bicara soal pijat merupakan suatu bentuk manipulasi yang dilakukan pada jaringan lunak tubuh dengan memegang, menggerakkan dan atau memberikan penekanan pada tubuh untuk memberi pengaruh positif. Mungkin jangan membayangkan pijat bayi seperti halnya pijat yang dilakukan seperti pada orang dewasa yang umumnya dengan penuh penekanan pada bagian tubuhnya.

Pijat pada bayi pada dasarnya merupakan suatu bentuk stimulasi. Di dalam pijat bayi ini terdapat berbagai kombinasi stimulasi yaitu ada stimulasi raba, stimulasi gerak, stimulasi pendengaran karena sambil dipijat bayi diajak bicara, dan stimulasi penglihatan karena sambil dipijat ada kontak mata yang memijat dengan si bayi.

Pijat bayi dilakukan pada bayi yang lahir cukup bulan dan kondisinya sudah stabil. Jika pada bayi lahir kurang bulan sebaiknya ditanyakan terlebih dulu kepada petugas kesehatan apakah bayi sudah bisa dilakukan pijit atau belum. Pijat pada bayi bisa dilakukan oleh orangtua, petugas kesehatan, atau anggota keluarga lainnya. Ketika akan memijat bayi sebaiknya dilihat kondisinya, apakah bayi dalam kondisi nyaman dan senang. Jika dalam kondisi sakit yang sedang dalam perawatan sebaiknya bisa ditanyakan dulu pada petugas kesehatan. Selain itu, jangan memijat bayi dalam keadaan sehabis minum susu atau makan, tidak di saat bayi sedang lapar, ataupun sedang tidur dan dibangunkan untuk pijat.

Tidak ada patokan berapa lama dan seberapa sering pijat pada bayi dilakukan. Umumnya pijat bayi sekitar 15 menit dan sebaiknya dilakukan secara rutin misalnya sehari 3 kali. Seperti apa tekniknya? Tubuh bayi biasanya diberikan lotion atau minyak kelapa. Kemudian dilakukan pemijatan dengan teknik yang bisa bervariasi dan tanpa perlu berurutan memijat bagian tubuhnya. Namun pada intinya, pijat dilakukan pada seluruh bagian tubuh bayi tanpa ada yang terlewat. Ketika pijat dilakukan orangtua sebaiknya memperhatikan pula respon bayinya. Apakah dia merasa nyaman atau tidak dengan pijatan tersebut. Jika dia tidak merasa nyaman atau menangis, cari penyebabnya apakah karena pijatannya terlalu keras, misalnya. Bila bayinya tetap merasa tak nyaman dipijat sebaiknya pijat dihentikan jangan dipaksakan.

Pijat bayi yang merupakan bentuk stimulasi yang beragam ini sebetulnya bertujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Pada beberapa literatur dikatakan bahwa stimulasi pijat bayi ini bermanfaat dalam membantu pengaturan sistim pencernaan, sistim respirasi dan sirkulasi, meredakan ketidak nyamanan seperti bayi mengalami kollik atau sedang tumbuh gigi, dapat menurunkan produksi hormon stres, dan membantu mengatasi gangguan tidur.

Manfaat lain dari pijat bayi yang diperoleh untuk bayi yaitu dapat meningkatkan frekuensi bayi menyusu, meningkatkan berat badan bayi, membantu bayi berlatih relaksasi, membuat bayi tidur lebih lelap dan lama, mendekatkan ikatan/bonding bayi dengan ibu. Ibu yang melakukan pijat bayi juga mendapatkan manfaatnya antara lain lebih mengenal dengan baik bayinya seperti mengetahui bahasa isyarat/nonverbal bayi, menjadi lebih percaya diri dalam mengasuh bayinya, meningkatkan komunikasi dengan bayi, meredakan stres, serta membuat suasana menyenangkan. Nah, ternyata pijat bayi cukup aman dan bermanfaat, bukan?

(Sumber : idai.or.id. Bernie Endyarni Medise - Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial IDAI)

Manfaat Daging Bagi Tumbuh Kembang Balita

Manfaat Daging Bagi Tumbuh Kembang Balita

Tips Aman Senam Hamil

Tips Aman Senam Hamil