Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Perlukah Antibiotik untuk Anak Diare?

Perlukah Antibiotik untuk Anak Diare?

liputan6com11.jpg

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan pada anak yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Diare yang dialami anak biasanya berlangsung dalam beberapa hari. Penanganan diare paling bagi yaitu dengan memberikan minum banyak cairan dan minum oralit, yaitu cairan khusus untuk membantu mengganti cairan tubuh yang hilang saat diare. Oralit ini dapat diperoleh di puskesmas, posyandu, pos kesehatan desa (poskesdes), polindes, apotik, dan toko obat. Pemberian cairan untuk anak di bawah 2 tahun sekurangnya seperempat hingga setengah cangkir besar setiap kali sehabis anak mengeluarkan tinja cair. Untuk anak di atas usia 2 tahun diberikan setengah sampai satu cangkir penuh.

Selain itu, dilakukan pula pemberian zinc dalam bentuk tablet atau sirup selama 10 hari. Pemberian zinc pada anak di bawah usia 6 bulan sebanyak 10 mg per hari. Sedangkan pada anak di atas 6 bulan sebanyak 20 mg per hari dalam bentuk tablet atau sirup.

Setelah penanganan dengan pemberian cairan, biasanya dalam 3-4 hari diare dapat sembuh dengan sendirinya. Jadi, pengobatan diare tidak dengan pemberian obat anti diare atau obat bebas yang dibeli di warung/toko. Bahkan tidak dengan pemberian obat-obatan antibiotik. Namun, jika diare masih terus berlanjut dan tidak juga berhenti maka konsultasikan pada tenaga kesehatan.

 

Beri Ekstra Cairan Saat Anak Diare

Kenali Diare dengan Tanda Dehidrasi Ringan Sampai Berat

Kenali Diare dengan Tanda Dehidrasi Ringan Sampai Berat