Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Perhatikan Berat Badan Ideal Saat Hamil

Perhatikan Berat Badan Ideal Saat Hamil

tribunnewscomberat-ibu-hamil1.jpg

Janin yang sehat dan berkualitas sangat ditentukan oleh kondisi ibu yang sehat dan berstatus gizi baik sejak hamil. Salah satu cara mengetahui status gizi ibu dengan memantau berat badannya. Berat badan awal sebelum hamil akan menjadi dasar bagi pertambahan ideal berat badan ibu semasa hamil. Ibu yang mempunyai berat badan normal sesuai tinggi badannya, rata-rata pertambahan berat badan idealnya selama hamil sebesar 11 kg -13 kg. Untuk ibu dengan badan kurus diharapkan kenaikannya antara 12,5 kg dan 18,5 kg. sedangkan ibu dengan berat badan gemuk kenaikannya antara 7 kg dan 11,5 kg. Kenaikan berat badan ini tentu berkaitan dengan banyak sedikitnya asupan makanan.

Pertambahan berat badan ibu pada trimester pertama kehamilan umumya masih kecil. Trimester pertama masih dianggap sebagai berat badan prahamil. Di trimester ini tubuh ibu baru mulai mengalami perubahan. Pertambahan berat badan bertambah banyak di trimester kedua, di mana sudah terjadi perkembangan organ janin dan juga perubahan pada tubuh ibu. Pertambahan berat badan akan semakin bertambah di trimester ketiga, semua bagian tubuh janin sudah terbentuk. Pertambahan berat badan ibu ini sudah mencakup antara lain berat janin, berat plasenta, berat air ketuban, retensi cairan, berat rahim, darah, payudara, dan cadangan berat lainnya.

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga pertambahan berat badan ideal semasa hamil, agar janin tidak mengalami kekurangan gizi. Karena bisa berisiko berat lahir rendah yang berakibat pada tumbuh kembang anak selanjutnya. Cara menjaga pertambahan berat badan yang ideal semasa hamil dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, kaya akan protein, vitamin, dan mineral seperti daging/ikan, sayuran, dan buah-buahan. Sebaiknya, ibu tidak banyak makan jenis karbohidrat gula seperti makanan yang manis-manis  dan makanan junk food.

Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki Bengkak Saat Hamil

Tanda Bahaya dalam Kehamilan

Tanda Bahaya dalam Kehamilan