Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Perawatan Ibu Setelah Bersalin

Perawatan Ibu Setelah Bersalin

slideseacrhorg.jpg

  Setelah persalinan, ibu harus memulihkan daya tahan tubuh dan kesehatannya seperti sediakala. Hal ini penting, agar ibu tak bermasalah setelah bersalin dan juga mempunyai tenaga yang cukup untuk mengurus bayinya, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Perawatan apa saja yang harus dilakukan ibu?

  • Periksa ke bidan/dokter. Kondisi kesehatan ibu setelah bersalin masih rawan. Maka itu masih perlu dilakukan pemeriksaan yaitu : 6 jam setelah melahirkan, 3 hari setelah persalinan, pada minggu ke-2, dan pada minggu ke-6.
  • Segera setelah melahirkan, minum kapsul vitamin A (warna merah). Minum lagi kapsul vitamin A di hari kedua. Jarak antara minum kapsul pertama dan kedua minimal 24 jam.
  • Ibu harus makan lebih banyak daripada saat hamil dengan makanan yang bergizi seimbang.
  • Ibu harus banyak istirahat/tidur serta minum yang banyak.
  • Ibu harus menjaga kebersihan dirinya seperti mandi, menggosok gigi, dan sering mengganti pembalut. Juga selalu mencuci tangan dengan sabun ketika akan menyusui atau memegang bayinya.
  • Minum tablet tambah darah selama 40 hari.

Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Ibu Masa Nifas

Jangan Panik Ketika Bermasalah Saat Proses Bersalin