Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Peran Ayah Bagi Keberhasilan Ibu Menyusui

Peran Ayah Bagi Keberhasilan Ibu Menyusui

antaranews-com-AIMI.jpg

Keberhasilan menyusui menurut riset tergantung dukungan suami. Dukungan suami menjadi salah satu kunci keberhasilan ibu dalam menyusui. Jadi, kalau ibu tidak bisa menyusui itu bukan salah ibu semata. Demikian yang disampaikan Nia Umar, Wakil Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Nia menjelaskan bahwa persiapan memberikan ASI diawali dari tahapan kehamilan. Mulai dari fasilitas kesehatan yang mendukung pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) saat melahirkan, hingga mencari dukungan dari lingkungan keluarga dan orang terdekat seperti rekan kerja.

“Menyusui itu bukan sesuatu yang instan, butuh proses dan semua bersinergi agar bisa sukses. Kalau ada ibu yang gagal menyusui itu adalah kegagalan bersama. Solusinya, cari tenaga kesehatan yang dapat membantu.”

Untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi diawali dengan Inisiasi Menyusu Dini, yaitu pemberian air susu pertama ibu yang diberikan beberapa saat setelah lahir.

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas  Padang, dr Bobby Indra Utama SpOG, peran ayah juga penting dalam keberhasilan menyusui seorang anak. "Jadi menyusui itu bukan hanya tanggung jawab ibu saja. Suami harus membantu istrinya agar sukses menyusui. Apalagi setelah melahirkan kondisi ibu lelah dan mari ringankan bebannya,” katanya. Ia melihat kini kesadaran para suami terhadap ASI eksklusif sudah mulai baik dan menyadari pentingnya ASI bagi bayi.

(Sumber : www.antaranews.com)

FA POCKET BOOK 10,5x14,8 COMMUNITY

Bolehkah Ibu Tetap Menyusui dalam Kondisi Hamil Lagi?

Bolehkah Ibu Tetap Menyusui dalam Kondisi Hamil Lagi?