Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

shuttercock-rambut-rontok.jpg

Rambut rontok sering dikeluhkan ibu setelah bersalin dan di masa menyusui. Padahal di masa hamil rambut ibu lebih tebal dari biasanya. Apakah kerontokan rambut memang karena menyusui? Ketika hamil, ibu akan mengalami perubahan hormonal. Salah satu hormon yang meningkat adalah progesteron. Hormon ini akan menjaga pertumbuhan janin serta menahan proses laktasi sebelum melahirkan. Hormon yang meningkat selama kehamilan ini juga akan mencegah ibu dari kerontokan rambut lebih banyak. Maka itu di masa hamil rambut ibu kelihatan lebih tebal dari biasanya.

Setelah bersalin, hormon progesteron ini akan berkurang drastis, agar ibu bisa menyusui bayinya. Dua hormon lainnya, prolaktin dan estrogen, akan meningkat untuk mendukung proses menyusui.

Sekitar 3 bulan setelah melahirkan, tingkat hormon ibu akan kembali normal, sehingga jumlah rambut yang berlebih saat hamil akan mulai rontok. Jadi, rambut lebih sering rontok sehabis bersalin ternyata karena ada penurunan hormon. Menurut American Pregnancy Association, rambut rontok sehabis bersalin ini akan dialami oleh sekitar setengah dari para ibu hamil.

Jadi, tak perlu panik dan khawatir. Rambut rontok merupakan hal wajar yang terjadi di masa menyusui. Rambut rontok ini tak akan sampai membuat botak. Biasanya, rambut akan kembali normal seperti sediakala, setelah 6-12 bulan melahirkan.

(Sumber: pregnancy.about.com, parents.com)

 

 

 

 

 

 

4 Pilihan Olahraga Bagi Ibu Hamil

4 Pilihan Olahraga Bagi Ibu Hamil

Yuk, Coba Trik Agar Bayi Mau Makan

Yuk, Coba Trik Agar Bayi Mau Makan