Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Penyakit Infeksi Paling Sering Saat Bulan Puasa

Penyakit Infeksi Paling Sering Saat Bulan Puasa

health-kompas-com-cuci-tangan.jpg

Cuci tangan pakai sabun atau biasa disingkat CTPS merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit infeksi virus maupun bakteri. Memasuki bulan suci Ramadhan, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun tak boleh dilupakan. Dokter Melyarna Putri mengatakan, kebiasaan cuci tangan sangat penting, terutama saat berbuka puasa. Sebab, banyak makanan berbuka yang dimakan langsung dengan tangan. "Tanpa kita sadari, kuman itu tetap menghantui kita meski di dalam ruangan. Saat puasa kita pikir tangan kita tetap bersih, padahal tidak," kata Mely.

Dokter Mely melanjutkan, kebiasaan tidak mencuci tangan bisa menjadi jalan masuknya kuman maupun virus ke dalam tubuh. Padahal, saat bulan puasa, banyak orang yang daya tahan tubuhnya menurun karena kurang mengonsumsi makanan bergizi, serta pola tidur terganggu. Akibatnya, munculnya suatu penyakit menjadi lebih mudah.

"Dari data kami, penyakit infeksi paling sering terjadi di bulan Ramadhan itu ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), diare, batuk, dan sakit tenggorokan," jelas Mely. Mely mengatakan, ada sekitar 200 virus maupun bakteri yang bisa hinggap di tangan. Dari tangan yang tidak bersih, bisa menyebabkan 80 persen penyakit. Kebiasaan mencuci tangan pakai sabun terbukti dapat menurunkan angka kasus infeksi.

Untuk menghindari penularan penyakit itu, cucilah tangan pakai sabun dengan air mengalir. Sejumlah penelitian menunjukkan, cara tersebut efektif menyingkirkan kuman maupun bakteri di tangan.

(Sumber : health.kompas.com)

Kasus Gizi Buruk Anak Indonesia Masih Tinggi

Kasus Gizi Buruk Anak Indonesia Masih Tinggi

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil