Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Penuhi Hak Anak Sejak dalam Kandungan

Penuhi Hak Anak Sejak dalam Kandungan

Halosdaily.jpg

Orangtua wajib memenuhi hak anak sejak masih di kandungan. Hal ini digaungkan pula oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Perlu diketahui, BKKBN menggelar Peningkatan Kapasitas bagi Pelatih Bina Keluarga Balita (BKB) - Holistik Integratif dari SKPD KB seluruh Provinsi di Indonesia selama 9 hari sejak 26 April - 3 Mei 2016. Kegiatan yang diikuti 68 peserta ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan pembangunan karakter bagi tenaga pelatih BKB. Direktur Bina Ketahanan Balita dan Anak, Widwiyono berharap tenaga pelatih ini menjadi fasilitator dalam pelatihan kader BKB di tingkat kabupaten dan kota.

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Holistik Integratif sangat diperlukan untuk membentuk generasi yang tangguh di masa depan.

Upaya pemenuhan kebutuhan dasar oleh pemerintah dilakukan dalam bentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang pelayanannya dilaksanakan secara Holistik Integratif.

Sebagai wadah kegiatan keluarga yang mempunyai anak balita, BKB menjadi sangat penting meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dan anggota keluarga lain dalam pembinaan tumbuh kembang anak yang dilakukan sejak anak dalam kandungan. Hal ini bertujuan agar dapat menjaga kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak balita.

Kegiatan BKB ini dalam rangka mempersiapkan keluarga agar “Menjadi Orang Tua Hebat” dalam mengasuh dan membina anak sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas” terang Surya.

Pengasuhan dengan penuh kasih sayang merupakan hak setiap anak. Pengasuhan yang dilakukan dalam keluarga oleh ayah, ibu, saudara kandung, kerabat dan lainnya sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Berbagai studi menunjukkan, periode 5 tahun pertama kehidupan anak merupakan “masa emas” (golden period) dalam meletakkan dasar-dasar tumbuh kembang seorang anak.

Kualitas tumbuh kembang anak pada masa ini akan menentukan kualitas kesehatan fisik, mental, emosional, sosial, kemampuan belajar, dan perilaku sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, golden period harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

(Sumber : lifestyle.okezone.com)

Konsumsi Salmon pada Ibu Hamil Cegah Asma Anak

Konsumsi Salmon pada Ibu Hamil Cegah Asma Anak

Wapres Buka Pameran Air Minum dan Limbah 2016

Wapres Buka Pameran Air Minum dan Limbah 2016