Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pentingnya Pemeriksaan Bayi Baru Lahir

Pentingnya Pemeriksaan Bayi Baru Lahir

slidesharenetpneumonia.jpg

  Bisa dibayangkan betapa bahagianya ibu dengan kelahiran sang buah hatinya. Setelah kepulangan bayi dari rumah sakit atau tempat bersalin, ibu masih harus melakukan kunjungan ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan sang bayi.

Kapan dilakukan pemeriksaan kesehatan bayi sehabis lahir? Bisa bervariasi, ada yang 2-3 atau 5 hari setelah bayi di rumah atau dalam 1 minggu pertama. Setelah pemeriksaan tersebut, ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan bayinya setiap 1-2 bulan sekali atau bersamaan dengan jadwal imunisasi. Biasanya, jadwal inipun bervariasi dan direncanakan bersama dengan dokter anak.

Pemeriksaan kesehatan di usia bayi bisa sampai 6 kali lebih dalam setahun. Bila setelah usia 1-5 thn maka pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan. Setelah usia anak 5 tahun sebaiknya dilakukan pemeriksaan kesehatannya setiap 6 bulan.

Ketika usia bayi, saat kunjungan ke petugas kesehatan atau dokter maka pemeriksaan yang dilakukan yakni : pertumbuhan dan penampilan fisik dengan mengukur berat badan, panjang badan atau tinggi badan, dan lingkar kepala. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan penglihatan, pendengaran,  perkembangan emosi dan sosial, perkembangan gerakan kasar, gerakan halus, perkembangan bicara. Dari pemeriksaan kesehatan ini dapat diketahui bagaimana tumbuh kembang anak.

 

Stanting (Anak Pendek) Bukan Keturunan

Apa Saja Persiapan Ibu Bersalin?

Apa Saja Persiapan Ibu Bersalin?