Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tangan Sumber Penularan Penyakit

Berulang kali orangtua perlu mengingatkan anak maupun anggota keluarga untuk mencuci tangan. Perilaku mencuci tangan harus menjadi kebiasaan karena sangatlah penting. Tangan merupakan salah satu jalur penularan berbagai penyakit menular. Contohnya seperti diare, muntaber, disentri, kolera, tifus, kecacingan,  infeksi saluran pernapasan akut,  pneumonia, infeksi mata, flu burung atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Dengan mencuci tangan, risiko penularan penyakit dapat dicegah. Ketika mencuci tangan gunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Jika cuci tangan menggunakan air tidak bersih maka kuman atau bakteri penyebab penyakit dari air tersebut bisa berpindah ke tangan. Mencuci tangan juga perlu menggunakan sabun. Tak cukup hanya dengan air bersih saja. Sabun digunakan untuk membasmi kuman yang ada di tangan. Maka itu mencuci tangan harus dengan cara yang benar agar tangan menjadi bersih dan bebas kuman, sehingga terhindar dari risiko berbagai penyakit.

Waktu-waktu mencuci tangan antara lain yaitu :

  • Sesudah buang air besar dan kecil (sesudah dari jamban).
  • Sesudah membersihkan pup bayi. Pup bayi pun tidak aman dan tetap berbahaya karena mengandung kuman.
  • Sesudah menceboki anak.
  • Sebelum makan atau memegang makanan
  • Sebelum memberi makan anak
  • Sebelum ibu menyusui
  • Setelah memegang binatang atau bahan makanan mentah
  • Sesudah bermain/dari tempat yang kotor-kotor
  • Setelah menangani unggas atau produk unggas seperti memegang telur, daging mentah, membersihkan kandang unggas. Mencuci tangan setelah melakukan kegiatan menangani unggas ini dapat mencegah dari tersebarnya kuman, virus Flu Burung (H5N1), dan penyakit influenza lainnya. Seperti diketahui, bahwa Flu Burung adalah penyakit menular di kalangan hewan (unggas). Ini dapat menular kepada manusia melalui air liur, kotoran, dan lendir unggas yang sakit.

 

 

 

 

 

 

Waktu-Waktu Mencuci Tangan

Waktu-Waktu Mencuci Tangan

Air Bersih Pun Bisa Sebabkan Sakit

Air Bersih Pun Bisa Sebabkan Sakit