Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Penting Menjaga Kebersihan Makanan dan Kelengkapan Makan

Penting Menjaga Kebersihan Makanan dan Kelengkapan Makan

Mencuci-Piring-UNICEF-Indonesia_5_20110742_Edy-Purnomo-2.jpg

  Risiko penyakit bisa berasal dari makanan dan minuman yang tercemar kuman penyebab penyakit. Jika anak sering terkena sakit, maka akan menganggu pertumbuhannya. Hal ini berdampak pada risiko anak menjadi stanting. Maka itu, kebersihan yang berkaitan dengan makanan, minuman, dan alat kelengkapan makan perlu diperhatikan. Seperti apa cara menjaga kebersihannya?

  • Cuci tangan dengan air bersih dengan menggunakan sabun, sehingga ketika menangani bahan mentah makanan tangan dalam keadaan bersih.
  • Cucilah dengan air bersih yang mengalir, buah-buahan maupun sayuran. Hal ini untuk membersihkan bahan makanan dari kotoran dan juga sisa-sisa pestisida dan herbisida yang dapat membahayakan kesehatan.
  • Bahan makanan seperti daging, ayam, ikan, setelah dicuci bersih harus dimasak matang, sehingga dapat membunuh kuman dan bibit penyakit yang ada.
  • Makanan yang sudah dimasak, hendaknya segera dimakan dan dihabiskan, supaya tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit.
  • Jika makanan matang tidak segera dimakan, maka simpanlah dalam wadah tertutup. Hal ini untuk menghindari dari terkena debu, lalat, maupun serangga lainnya yang bisa menimbulkan penyakit.
  • Panaskan terlebih dulu makanan yang sudah disimpan lebih dari 2 jam jika akan dimakan. Sebaiknya, makanan untuk bayi dan anak harus selalu dalam kondisi baru dan segar.
  • Setelah selesai menggunakan peralatan masak dan makan, segera cuci bersih dengan menggunakan sabun. Setelah itu keringkan dan taruh di tempat bersih dan tertutup.
  • Jangan lupa, untuk kain lap/serbet yang digunakan harus dicuci setiap hari.

Pemenuhan Vitamin dan Mineral dengan Pemberian Taburia

Cara Aman Simpan Makanan