Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pengaruh penggunaan jamban dan angka stanting pada balita

Stanting adalah kondisi yang mana balita memiliki tinggi tubuh yang lebih pendek dari rerata standar tinggi tumbuh anak seusianya. Stanting disebabkan karena kurangnya kecukupan gizi anak yang terjadi dalam jangka panjang terutama saat 1000 hari pertama masa kehidupannya. Di Indonesia, saat ini sekitar 9 (sembilan) juta Balita mengalami stanting atau 1 dari 3 Balita di Indonesia memiliki tinggi tubuh dibawah  standar tinggi tubuh anak seusianya. Stanting selain disebabkan karena permasalahan asupan gizi yang tidak cukup, ternyata juga disebabkan oleh kondisi sanitasi yang buruk.

Sanitasi yang buruk salah satunya adalah rendahnya penggunaan jamban (latrine) untuk buang air besar (BAB). Berdasarkan grafik terlihat bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia yang penggunaan jambanya (latrine) rendah (BAB sembarangan), maka prevelansi (kecendrungan) angka Balita stantingnya tinggi.

Para ahli menyatakan, bahwa sanitasi yang buruk mengakibatkan Balita mudah terinfeksi kuman penyakit. Hal ini mengakibatkan semua gizi yang dikonsumsi oleh Balita dihabiskan sebagai energi melawan penyakit/tidak terserap dengan sempurna, dan bukan untuk pertumbuhan anak.

Jika ingin mengetahui/mengukur Balita anda stanting atau tidak, silakan kunjungi website kami: www.gizitinggi.org

sumber gambar : MCA Indonesia

Apa Saja Upaya Diperlukan Untuk Mencegah Stanting?

Apa Saja Upaya Diperlukan Untuk Mencegah Stanting?

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Muda

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Muda