Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pengadaan Air Bersih Untuk Daerah Pesisir

Pengadaan air bersih dan siap minum menjadi masalah serius di kawasan pesisir, sebab wilayah pesisir umumnya tidak terjangkau layanan PDAM. Dibutuhkan teknologi tepat guna untuk mendapatkan air bersih dan layak minum dengan biaya terjangkau. "Kami sarankan pakai teknologi reverse osmosis (RO) serta memenej air hujan," ujar peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Arie Herlambang di Jakarta, (17/03/16).

Menurut Arie, teknologi RO merupakan teknologi yang dapat menyediakan air bersih dan siap minum dengan menyuling air laut. Adapun menejemen air hujan dilakukan melalui penyulingan air hujan dengan sumur filtrasi. Keduanya dapat menghemat biaya apabila diimplementasikan sekaligus. "Jadi, RO itu bisa kita pakai di musim kering. Kalau yang filtrasi air hujan dipakai di musim kemarau," papar Arie.

Nantinya, perlu pembinaan kelembagaan bagi masyarakat yang diberi kedua alat tersebut. "Nanti airnya dijual Rp 5000 saja per liter,  jauh lebih murah daripada air kemasan. Uangnya bisa untuk biaya operasional maupun menambah membran yang menjadi inti dari RO," imbuh Arie.

(Sumber: Media Indonesia)

 

45,2 Persen Anak di Kabupaten Kapuas Alami Stanting

45,2 Persen Anak di Kabupaten Kapuas Alami Stanting

Indonesia Bebas Polio

Indonesia Bebas Polio