Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pemberian Susu Formula Bisa Sebabkan Infeksi Telinga pada Bayi?

Selama ini Air Susu Ibu (ASI) sudah banyak dibuktikan manfaatnya. Tak hanya untuk pertumbuhan otak, tumbuh kembang anak, dan mengurangi risiko diare pada awal kehidupan anak, ASI juga bisa mencegah infeksi telinga pada bayi. Demikian menurut suatu penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics. Penelitian yang melibatkan sejumlah 491 ibu itu memperlihatkan bahwa dalam pemberian ASI secara penuh selama 12 bulan tanpa kombinasi dengan susu formula, dapat menurunkan 4% kejadian infeksi telinga.

Studi juga menemukan, risiko bayi terkena infeksi telinga juga turun sebanyak 17%,  terutama pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan. Sementara, bayi yang belum berusia satu bulan sudah diberikan susu formula maka akan mengalami peningkatan risiko infeksi telinga sebanyak 14%.

“Meski belum sepenuhnya jelas mengapa infeksi telinga bisa berhubungan dengan botol susu, namun kami melihat adanya tekanan negatif saat bayi menggunakan botol susu. Tekanan ini kemudian berlanjut ke telinga dan berdampak pada infeksi telinga,”ujar Sarah Keim, salah seorang peneliti dari The Research Institute di Colombus, Amerika.

(Sumber : intisari-online.com)

Kemenkes Luncurkan Aplikasi untuk Sanitasi

Salah Satu Cara Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Salah Satu Cara Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi