Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pedoman Asupan Gizi untuk Anak Down Syndrome

Pedoman Asupan Gizi untuk Anak Down Syndrome

makan-siang-bekal-sekolah.jpg

Untuk anak dengan down syndrome, terdapat banyak penelitian tentang asupan gizi yang harus mereka terima. Hasil dari berbagai penelitian tersebut tidak selalu sama, tetapi satu hal yang perlu diketahui adalah anak down syndrome biasanya akan memiliki bobot badan yang lebih. Oleh karena itu, orang tua harus menjauhkannya dari makanan yang berlemak seperti makanan fast food. Makanan yang ia konsumsi harus bergizi dan sebisa mungkin organik dan yang tidak diproses seperti chicken nuggets dan sebagainya. Pantangan lain yang harus diperhatikan adalah makanan yang terlalu manis atau asam seperti jeruk, dan berbagai macam cemilan seperti permen, biscuit coklat dan es krim. Mengapa makanan ini harus dihindari? Ini karena anak yang terkena dwon syndrome akan sering mengalami asam lambung yang naik.

Selain berbagai macam pantangan ini, orang tua harus tetap memberikan asupan gizi yang seimbang. Dalam arti lain, asupan gizi yang ia terima harus seimbang dengan zat gizi makro (karbohidtrat, protein, asam amino dan lemak) serta zat gizi mikro (vitamin, mineral dan antioksidan) untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Untuk zat mikro seperti mineral,  berikan ia banyak zinc atau seng dan selenium untuk menguatkan daya tahan tubuhnya. Pilihan makanan yang kaya akan zinc adalah bayam, daging sapi, makanan laut dan untuk selenium, kita dapat memilih jamur kancing, ikan cod, kakap, tuna, hati dan salmon.

Asam amino juga didukung oleh beberapa penelitian yang menyatakan bahwa anak yag terkena down syndrome memiliki kadar yang rendah dalam tubuhnya. Seringnya, asam amino merupakan satu dari asam amino non esensial yang membentuk protein. Dalam beberapa penelitian tersebut, jika kadar asam amino kurang, kemampuan kognitifnya akan terhambat seperti lambat berpkir, keterbelakangan keterampilan atau skill fisik. Oleh karena itu, berikan ia makanan seperti kacang kedelai, kacang-kacang lainnya, daging sapi, ayam dan buncis.

Berikutnya adalah probiotik dan prebiotik yang akan membantu sistem pencernaanya karena anak down syndrome sering mengalami konstipasi. Serat yang baik dari sayur, buah dan roti akan sangat membantu. Selain itu, pastikan ia juga dapat cairan yang cukup, sekaligus untuk kulitnya yang kering.

DHA Omega 3 juga sangat penting untuk memperbaiki sistem saraf dan matanya, yang juga termasuk sel membrane pada otak dan retina. Tetapi, jangan terlalu berlebihan dalam memberi makan sumber DHA karena daya tahan tubuhnya akan tertekan. Jadi, DHA Omega 3 dapat diperoleh dari ikan salmon, udang dan berbagai macam ikan lokal lainnya.

Kenali Gejala TBC pada Anak

Kenali Gejala TBC pada Anak

Para Mitra LSM dan Fasilitator Kecamatan KGN Mengikuti Workshop dan Pembekalan ADVISE

Para Mitra LSM dan Fasilitator Kecamatan KGN Mengikuti Workshop dan Pembekalan ADVISE