Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Para Mitra LSM dan Fasilitator Kecamatan KGN Mengikuti Workshop dan Pembekalan ADVISE

Para Mitra LSM dan Fasilitator Kecamatan KGN Mengikuti Workshop dan Pembekalan ADVISE

WORKSHOP-PALEMBANG-2.jpeg

Refleksi, Perencanaan Kerja dan Pembekalan ADVISE Bagi Mitra di Kabupaten Kapuas, Landak dan Ogan Komering Ilir

Selama 3 minggu,  sejumlah fasilitator kecamatan, fasilitator kabupaten, pengelola keuangan dan administrasi serta manager proyek mengikuti workshop di Palangkaraya. Sejak Mei 2016, mereka sudah bekerjasama dengan kita untuk mendukung upaya di tingkat lokal. Dan sejalan dengan 1 tahun, tentu banyak sekali capaian serta isu dan tantangan. Oleh karena itu, workshop ini diadakan sebagai kesempatan memperbaiki diri untuk terus belajar, serta merencanakan untuk upaya mendatang yang lebih baik. Namun, tambahan di workshop ini adalah perkenalan terhadap sistem ADVISE atau Applied Data Vehicle for IMA Support and Evaluation. Ini adalah sistem pengelolaan data dan informasi penunjang kerja dan evaluasi kita bersama.

Workshop ADVISE di Palangkaraya ©IMA/Sita

Untuk program kampanye gizi nasional ini, kita bekerjasama dengan beberapa organisasi di tiga kabupaten sejak Mei 2016. Organisasi tersebut adalah:

  1. Women’s Crisis Centre (WCC) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan.
  2. PKBI Kalimantan Tengan, Lembaga Dayak Panarung (LDP), eLPAM di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah
  3. PKBI Kalimantan Barat, Yayasan Dian Tama (YDT), PPSW di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Workshop pertama diadakan di Palangkaraya pada tanggal 8-10 Maret 2017. Di hari pertama, workshop dibuka dengan pengantar, serta penjelasan tentang capaian, pembelajaran dan rekomendasi untuk ke depan. Selain itu, peserta juga mendiskusi dimensi perencanaan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan. Dalam diskusi ini, ada perencanaan pertemuan multipemangku kepentingan, pembekalan pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) atau Interpersonal Communication Training (IPC), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Wartawan, sosialisasi di kecamatan, desa, kelas ibu, posyandu, konseling, kunjungan rumah dan telepon dukungan, upaya penglibatan lelaki, event komunitas, distribusi materi kampenye, aktivasi media dan pers, advokasi terkait RADPG dan dukungan sumber daya desa dan pemda. Setelah istirahat, di sana lah evaluasi akan dilakukan seperti membahas pa yang dipelajarkan dari sesi pertama workship ini serta rekomendasi untuk ke depan.

Pada hari yang kedua,  para peserta melakukan berbagai macam kegiatan sepertimembahas rangkuman hari pertama. Selain itu, mereka juga akan menyusun kerangka rencana kerja, dan rencana kegiatan serta pembiayaan. Lalu, pengenalan ADVISE DHIS II di hari ketiga. Di sini, peserta mempelajari bagaimana cara log-in, setting profile, mengganti password, navigasi dashboard, serta mengenal macam-macam menu atau aplikasi di dalam ADVISE.

Setelah pengenalan, peserta mempelajari konsep kunci Dari DHIS II. Materi tersebut adalah organization unit, data element atau indicator, data set, user dan report. Sehabis itu, pengenala data entry dilakukan. Setelah peserta mengetahui cara entry data, mereka mempelajari cara memasukkan data secara online dan offline, penyimpanan data, validasi data dan dengan tugas pertama tentang data entry dari form yang dikumpulkan dengan lengkapan laporan.

Workshop ADVISE di Pontianak ©IMA/Ricky

Pedoman Asupan Gizi untuk Anak Down Syndrome

Pedoman Asupan Gizi untuk Anak Down Syndrome

Cegah Stanting dengan Menjaga Kebersihan Air

Cegah Stanting dengan Menjaga Kebersihan Air