Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Metode Kanguru Tingkatkan Pemberian ASI

Metode Kanguru Tingkatkan Pemberian ASI

tumbuh-kembang-co-id.jpg

Pernah melihat binatang berkantung? Kanguru selalu menempatkan bayinya yang prematur di dalam kantungnya. Agar bayinya tidak kedinginan dan sekaligus bisa mendapatkan air susu dari induknya. Cara Kanguru inilah yang ditiru dalam perawatan bayi sehingga kita mengenalnya dengan istilah metode Kanguru. Biasanya perawatan metode Kanguru ini dilakukan pada bayi dengan berat lahir rendah atau lahir sebelum waktunya (prematur). Seperti apa caranya? Bayi dalam kondisi telanjang dan hanya menggenakan popok, dan ibupun bertelanjang dada, sehingga terjadi kontak kulit antara kulit ibu dan bayi. Bayi digendong atau didekap dengan posisi tegak dan diletakkan di antara kedua payudara ibu. Kepala bayi miring dan sedikit menegadah agar ia tidak kesulitan bernafas.

Suhu tubuh ibu akan membuat tubuh bayi menjadi hangat, sehingga bayi terhindar dari risiko kedinginan dan tubuhnya menjadi stabil. Cara ini membuat bayi merasa nyaman, dapat memberi perlindungan bayi dari infeksi, dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Juga meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi.

Manfaat lain yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan pemberian ASI. Karena ibu secara langsung dan dengan mudah memberikan ASI atau ASI perahnya kapanpun bayi inginkan. Hal ini bisa membantu meningkatkan berat badan bayi dan memperlancar serta meningkatkan produksi ASI. Perawatan metode Kanguru bisa dilakukan setiap hari secara terus menerus dengan lamanya minimal satu jam.

 

 

Kapan Bayi Perlu Diberi ASI Perah?

Kapan Bayi Perlu Diberi ASI Perah?

Posisi Menyusui Benar, Pemberian ASI Berhasil Baik

Posisi Menyusui Benar, Pemberian ASI Berhasil Baik