Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Menu Makan untuk Atasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Menu Makan untuk Atasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

c39a7241f514eb455af2cdabc6d52db2.jpg

Mual dan muntah sering dialami ibu hamil, apalagi di trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon. Adanya mual muntah pada ibu hamil menyebabkan kurangnya selera dan nafsu makan ibu. Bahkan, ada juga ibu hamil yang jadi susah makan. Hal ini justru disayangkan karena konsumsi makanan sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Salah satunya untuk meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit. Lantas, bagaimana mengatasi masalah pada ibu hamil yang mengalami mual muntah? Satu-satunya adalah ibu harus tetap mengonsumsi 3 kali makan utama dan 2 kali makanan selingan dalam sehari. Makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang dan bervariasi. Seringkali, untuk memnuhi porsi makan tersebut ibu hamil mengalami kesulitan. Jadi, prosi makan tersebut harus dibuat dalam porsi kecil/sedikit tapi sering. Hal ini untuk mengatasi atau menghindari mual yang dirasakan.

Selain itu, ada baiknya jika ibu hamil tetap berusaha mencoba mengonsumsi makanan apapun yang bergizi baik. Dengan hal tersebut, ibu dapat mengenali makanan apa saja yang menyebabkan ibu merasa mual dan mana yang tidak. Konsumsilah makanan yang tidak menyebabkan mual dan bisa dicari alternatif pengganti lain dari makanan yang dapat menyebabkan ibu mual dan muntah.

Umumnya, beberapa makanan yang dapat merangsang mual muntah pada ibu hamil atara lain adalah makanan yang berasa pedas, sangat asam, sehingga merangsang asam labung, berminyak, berlemak seperti makanan gorengan, makanan dengan rasa terlalu asin atau gurih, serta makanan dengan bau tajam dan menyengat.

Beberapa bahan makanan dapat digunakan untuk mengusir rasa mual muntah pada ibu hamil, misalnya jahe, rasa manis dan segar buah-buahan, serta bahan makanan lain dengan bumbu yang tidak terlalu merangsang bau maupun rasa.

Berikut contoh menu-menu anti mual muntah antara lain:

  1. Sarapan

Ibu dapat mengonsumsi makanan seperti roti, biskuit, atau sereal. Minumlah air teh manis hangat. Ibu juga dapat menambahkan seruas jahe dan beberapa irisan jeruk lemon ke dalam teh hangat.

2. Makanan selingan

Beri jarak waktu 2 sampai 3 jam dari setiap kali ibu selesai makan ke makan berikutnya. Untuk makanan camilan, ibu bisa mengonsumsi kue-kue, yoghurt, bubur kacang hijau, serta lebih banyak makan buat seperti pir, apel, pisang, jeruk, semangka, dan buah-buahan manis serta menyegarkan lainnya.

3. Makanan utama

Buatlah makanan utama ini dalam porsi kecil-kecil dan mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Berikut contoh menunya:

  • Nasi, sayur bening bayam jagung, tempe oseng, ayam kecap.
  • Nasi, sayur sop ayam dan sayuran
  • Kentang tumbuk, daging steak berbumbu, rebusan wortel dan buncis.

4. Cairan

Setelah mengonsumsi makanan, ibu juga harus memperhatikan kebutuhan cairan. Air penting untuk mengangkut zat-zat gizi ke sel-sel tubuh dan membawa sisa makanan keluar tubuh. Kebutuhan cairan bagi ibu hamil sekitar 3 liter perhari. Bagi beberapa ibu yang merasa mual dengan konsumsi air putih, bisa disiasati dengan memberi irisan jeruk lemon, sehingga air terasa lebih segar.

Suplemen Penting Saat Ibu Hamil

Suplemen Penting Saat Ibu Hamil

Penyakit TORCH: Bolehkah Ibu Hamil Memelihara Kucing?

Penyakit TORCH: Bolehkah Ibu Hamil Memelihara Kucing?