Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis Ibu Semasa Hamil

Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis Ibu Semasa Hamil

8senam_hamil-e1459503079931.jpg

Menjaga kesehatan ibu hamil sudah menjadi keharusan yang harus dilakukan agar ibu bisa tetap sehat dan bayi dalam kandungan lahir ke dunia dengan selamat. Ini sangat diperlukan karena banyak sekali perubahan yang akan terjadi terhadap tubuh ibu yang normal terjadi untuk menunjang tubuh kembang janin.

Oleh karena itu, bayi yang sehat bermula dari fisik, bahkan psikis ibu yang sehat juga. Untuk itulah perlu dilakukan usaha untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa mengganggu kesehatan ibu semasa hamil dan kandungannya.

Ketika ibu hamil, sistem hormonalnya akan berubah dan ibu dapat menderita stres karena tekanan mental yang berlebihan. Cara menjaga kesehatan psikis ibu adalah untuk membangun lingkungan yang mendukung masa hamilnya hingga ia menjalani dengan rasa bahagia.

Suami serta keluarga bisa memberi dukungan yang penuh. Ibu juga bisa bertanya kepada ibu-ibu yang sudah mempunyai anak untuk menambah ilmu tentang proses hemilan, persalinan serta masa menyusui sang bayi nantinya. Bila ada masalah, ibu bisa berkomunikasi dengan baik dengan sang suami, dan paling utama adalah senantiasa berdoa untuk diberikan kesehatan dalam masa-masa kehamilan sampai tiba waktunya proses persalinan.

Dalam rana kesehatan, ibu bisa mengatur pola makan yang bergizi untuk tubuh dan bayi dalam kandungannya. Usahakan asupan menu makanan 4 sehat 5 sempurna dapat dilakukan agar tubuh meresap gizi yang seimbang. Berkonsultasi dengan dokter kandungan terpecaya juga bisa menjadi solusi pilihan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Ajukan secara intens segala jenis pertanyaan, keluhan dan kegundahan.

Istirahat juga akan menjadi hal yang sangat penting. Ibu harus mencoba memiliki pola istirahat dengan nyaman, cukup dan tetap teratur agar tidak terlalu lelah. Ia juga bisa perhatikan posisi istirahat yang tepat dan posisi tidur yang membuat ibu merasa aman.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi setiap manusia terutama untuk ibu hamil. Tetapi jangan juga melakukan olahraga yang akan terlalu membahayakan kandungan. Ibu bisa mencari dan mengikuti senam untuk ibu hamil yang kini mudah dijumpai.

Dan yang terakhir tetapi paling penting, ibu harus selalu senantiasa beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berfikiran positif terhadap segala hal.

Imunisasi Polio, Dua Provinsi Masih Perlu Dukungan

Imunisasi Polio, Dua Provinsi Masih Perlu Dukungan

Dinkes Galakkan Promkes Melalui Posyandu

Dinkes Galakkan Promkes Melalui Posyandu