Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Praktik Menyusui Meningkat Bila Didukung

Praktik Menyusui Meningkat Bila Didukung

14248265961951036149-e1459417284613.jpg

            Menurut Seri Jurnal Kesehatan The Lancet, meskipun sekitar 96 persen anak-anak di bawah usia dua tahun di Indonesia mendapatkan ASI, ada indikator lain yang menunjukkan perlunya investasi signifikan dalam praktik menyusui. Bila  menurut survei Demografi dan Kesehatan Indonesia Tahun 2012:

  • 49 persen bayi mendapat ASI dalam satu jam pertama kelahiran
  • 42 persen bayi mendapat ASI eksklusif dalam 6 bulan pertama kehidupan
  • 77 persen bayi tetap menyusui pada usia satu tahun
  • 55 persen anak mendapat ASI sampai usia dua tahun
  • 60 persen anak menerima asupan prelaktal selama tiga hari pertama kehidupan, dan
  • 61 persen anak usia 4 sampai 5 lima bulan menerima makanan pendamping, susu formula atau cairan lainnya.

The Lancet menemukan bahwa akan dua setengah kali lebih kemungkinannya perempuan akan menyusui bila praktik menyusui dilindungi, dipromosikan, dan didukung. Oleh karena itu, Indonesia harus memperkuat regulasi dan mengubah perilaku sehingga anak menerima ASI sebagai sumber makanan paling bermanfaat.

Figur 1: Komponen-komponen untuk mendukung praktek menyusui. (Sumber: The Lancet)

(Sumber: The Lancet, Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012, BPS, BKKBN, Kementrian Kesehatan, ICF International)

Cara Tingkatkan Praktik Menyusui

Cara Tingkatkan Praktik Menyusui

Emosi Ibu Hamil Memengaruhi Kesehatan Janin

Emosi Ibu Hamil Memengaruhi Kesehatan Janin