Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Mengenal Kanonik Sebagai Media Pencegah Stanting

Mengenal Kanonik Sebagai Media Pencegah Stanting

Picture1-1.jpg

Penelitian yang dilakukan oleh Lancet, menyantakan bahwa 80 % stanting dicegah saat pra kehamilan. Dalam kontek Indonesia, masa kehamilan adalam masa sebelum pra menikah hingga menikah, atau dengan kata lain kondisi kesehatan calon ibu harus baik dan dengan pengetahuan antara pasangan sudah cukup memahami tentang gizi dan kesehatan. “Sebelum jadi Ibu, mereka harus paham (tentang gizi dan stanting), sebelum semua terlambat,” ujar Sinta – Fasilitator  Program KGN (program kampanye pencegahan stanting yang diprakarsai oleh MCA-I dan Kemenkes) di wilayah Mempawah Hulu, Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Kecamatan Mempawah Hulu dapat ditempuh selama 4 jam berkendaraan dari Pontianak. Sebagian besar masayakat diwilayah tersebut adalah suku Dayak Kanayatn yang masih berpegang teguh pada tradisi dan agama yang mereka anut.

Bidan Eka Aprianti, salah satu bidan dikecamatan Mempawah Hulu menyampaikan,”Tidak mudah memberikan pemahaman pada masyarakat tentang kesehatan, apalagi mengenai stanting,” lanjutnya lagi,” lanjutnya lagi,” Mereka (masyarakat), hanya akan mendengar dari orang yang dipercaya, seperti tokoh adat atau pemuka agama.”

 

Sebuah tantangan bagi semua pihak untuk menyampaikan informasi pada masyarakat, dimana masyarakat tidak mudah percaya tokoh adat dan tokoh agama, namun disatu sisi tokoh tersebut tidak begitu memahami dengan baik mengenai masalah kesehatan.

Tantangan sekaligus peluang ini coba dimanfaatkan oleh Sinta untuk bisa mendorong perubahan prilaku masyarakat Dayak. Langkah cerdas Sinta coba, melalui kerjasama dan dukungan dari Paroki Mempawah Hulu, Sinta menggunakan kegiatan Kanonik sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang stanting pada pasangan pra nikah. Pembekalan kanonik adalah kegiatan pembekalan pra nikah yang dilakukan oleh Paroki. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis tidak saja mengenai masalah keagamaan, namun juga hal seputar kesehatan keluarga,ibu dan balita. Pembekalan Kanonik dilakukan selama dua bulan, dengan pertemuan sebanyak 4 kali setiap minggu.

“Banyak isu stanting yang dibahas dipembekalan itu, dari pemenuhan gizi calon ibu, IMD, ASI ekslusif sampai perawatan bayi. Puji Tuhan,antusias pasangan sangat terlihat,” kata Sinta dengan penuh antusias. Tercatat 12 pasangan calon ibu dan ayah yang sudah mengikuti kegiatan ini.

Menurut Sinta, harapan kedepan para pengajar di Kanonik dimanapun bisa menyampaikan informasi mengenai stanting hingga informasi ini meluas dengan cepat.

“Saya harap para ibu sudah paham dan siap membesarkan balitanya, hingga tidak ada (balita) stanting lagi di negeri ini”, harap Sinta mengakhiri wawancara dengan Tim Gizi Tinggi Prestasi

Jauhi Anak Dari Predator Seksual dengan Mengenal Ciri-Cirinya

Jauhi Anak Dari Predator Seksual dengan Mengenal Ciri-Cirinya

Cara Mengatasi Bayi Mogok Menyusu

Cara Mengatasi Bayi Mogok Menyusu