Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Mengapa Kuba Berhasil Hapuskan Masalah Gizi Anak?

  Kuba merupakan satu-satunya negara di Amerika Latin dan Karibia yang sudah bebas dari masalah gizi. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Badan PBB untuk Anak-Anak (UNICEF).

Hal ini berkat upaya pemerintahnya dalam meningkatkan gizi masyarakat, terutama mereka yang paling rentan. Pemerintah Kuba menjamin bahan makanan pokok untuk memastikan bahwa masyarakatnya mendapat gizi yang baik di tingkat dasar melalui distribusi produk yang telah diregulasi.

Kuba justru bergembira karena Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) telah mengakui pula bahwa Kuba adalah negara di Amerika Latin dengan kemajuan yang lebih baik dalam melawan kekurangan gizi.

Mereka juga melakukan penyesuaian ekonomi di pasar dan pelayanan lokal untuk meningkatkan gizi rakyat Kuba serta mengurangi kekurangan makanan. Mereka juga memprioritaskan pengawasan yang terus-menerus terhadap kebutuhan anak-anak, perempuan, dan remaja. Memperhatikan masalah gizi dalam pemberian makan dilakukan dengan mempromosikan cara-cara yang lebih baik dan alami.

Meski Kuba mengalami kesulitan dan keterbatasan yang sangat serius dalam aktifitas ekonomi, perdagangan, dan keuangan karena sanksi yang dilakukan Amerika selama lebih dari empat dekade, Kuba tidak menunjukkan rasa putus asa atau khawatir anak-anak mereka kekurangan gizi. Tak satupun  dari 146 juta anak berusia di bawah lima tahun dengan berat badan rendah berasal dari Kuba.

(Sumber: UNICEF, Progress for children, A Report Card on Nutrition, 2009)

 

PBB Gencarkan Kampanye Masalah Gizi

PBB Gencarkan Kampanye Masalah Gizi

UNICEF : Masalah Gizi Pada Anak di Kuba 0%