Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Mengapa Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Penting?

Mengapa Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Penting?

tribunnews-com-timbang-badan.jpg

Setiap ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di rumah sakit, puskesmas, klinik, ataupun bidan, selalu dilakukan penimbangan berat badan. Ibupun menjadi tahu berapa kenaikan berat badannya. Mengapa kenaikan berat badan ibu semasa hamil menjadi penting? Tentunya karena kenaikan berat badan ibu merupakan indikator paling umum yang digunakan untuk menentukan status gizi ibu selama hamil dan janinnya. Selain itu, juga mempresentasikan pertambahan jaringan lemak dan jaringan tubuh tanpa lemak.

Sebetulnya, kenaikan berat badan yang dialami ibu hamil merupakan berat dari beberapa komponen di dalam tubuhnya yang mengalami perkembangan. Secara umum ada dua komponen dalam tubuh ibu hamil yang berkaitan dengan kenaikan berat badannya. Pertama, yaitu jaringan tubuh ibu (darah, cairan ekstrasel, uterus, payudara, lemak. Kedua, yaitu produk kehamilannya (janin, cairan ketuban, dan plasenta).

Kenaikan berat badan ibu hamil ini dipengaruhi pula oleh beberapa faktor, antara lain :  keseimbangan energi (asupan makanan dan aktivitas fisik), status gizi ibu sebelum hamil, sosiodemografi (sosioekonomi, usia, paritas, ras), genetik, lingkungan (geografi dan iklim), perilaku ibu (kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan stress), serta perawatan kehamilan.

(Sumber : Gizi Ibu dan Bayi. Dr. Sandra Fikawati, dkk)

 

Peran Kader Posyandu Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Peran Kader Posyandu Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Dinkes Cilacap Siap Tangani Gizi Buruk

Dinkes Cilacap Siap Tangani Gizi Buruk