Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Mayae Hugo, Dinkes Kapuas: ‘Sufor Akan Meningkatkan Kecerdasan Anak’ - Itu Iklan Pembodohan

Mayae Hugo, Dinkes Kapuas: ‘Sufor Akan Meningkatkan Kecerdasan Anak’ - Itu Iklan Pembodohan

318ed48d-02ec-44d4-9766-b686adbe3e58.jpg

KAPUAS, KALIMANTAN TENGAH: Berbagai informasi yang tidak benar saat ini ditayangkan di televisi, terutama melalui iklan komersil. Hal yang sangat disayangkan, adalah bahwa banyak sekali informasi dalam iklan tersebut dipahami mentah-mentah oleh masyarakat. Misalnya, iklan susu formula yang menyayangkan susu formula merk tertentu akan meningkatkan kecerdasan anak.

“(Iklan susu) Sufor akan meningkatkan kecerdasan anak!’ Itu adalah sebuah pembodohan, kata ibu Mayae Hugo, S.Sit, MPH, Kasie Bimdal Yankesdas Kabupaten Kapuas. Hal ini disampaikan pada kegiatan peringatan bulan ASI yang dilaksanakan di balai Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kegiatan peringatan ASI ini merupakan bagian dari Kampanye Gizi Nasional (KGN) yang diduung oleh MCA-Indonesia dan Kementrian Kesehatan RepubliK Indonesia.

Kegiatan pertemuan yang berlangung sangat meriah dan aktif, dihadiri oleh tiga narasumber dengan beberapa materi mengenai:

  • Kendala budaya dan sosial dalam pemberian ASI yang disampaikan oleh Ibu Mayae Hugo, S.Sit, MPH, Kasie Bimdal Yankesas Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.
  • Peran kader dan bidan dalam keberhasilan IMD, ASI Eksklusif yang disampaikan oleh Ibu Yuniarti Noor — Pelaksana Yankes Dasar Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.
  • Tips sukses memberikan MPASI yang disampaikan oleh M. Hayat, SKM, M.Kes — Pelaksana Yankes Rujukan (Gizi), Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Selain memaparkan materi tentang menyusui, pada pertemuan ini juga dilakukan beberapa praktek atau peragaan tentang menyusui. Misalnya, yang diperagakan oleh ibu Yuniarti Noor tentang perekatan yang baik saat menyusui, dan cara membangun hubungan atau bonding dengan bayi agar hormon oksitosin dirangsang, untuk melancarkan produksi ASI (31/08)

Selama diskusi berlangsung, salah satu topik yang menjadi perbincangan hangat tentang peran bapak dalam mendukung pemberian ASI. Hal ini menjadi topik khusus dikarenakan ada beberapa budaya dan kebiasaan di masyarakat setempat yang mengatakan bahwa urusan menyusui dan rumah tangga adalah bukan urusan para bapak. Budaya atau kebiasaan yang sudah terbentuk di masyarakat merupakan kendala tersendiri. Walaupun terkadang kebiasaan tersebut kurang tepat. Masukan dari hasil diskusi adalah dengan memberikan pemahaman kepada para bapak dan tokoh adat untuk bisa melibatkan peran bapak dalam memberikan ASI.

Semoga pertemuan di Basarang ini merupakan langkah yang dapat mendorong peningkatan pemberian ASI di Kabupaten Kapuas.

#ASIEksklusif #PekanASISedunia #MCAIndonesia #IMAWorldHealth #ASI #IMD

Infografis: 5 Langkah Menjaga Makanan Tetap Aman

Infografis: 5 Langkah Menjaga Makanan Tetap Aman

Pidana bagi Pemimpin Perusahaan Yang Tidak Mendukung ASI

Pidana bagi Pemimpin Perusahaan Yang Tidak Mendukung ASI