Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Masih Tingginya Angka Kematian Ibu

  Di Indonesia, Angka Kematian Ibu (AKI) masih tinggi. Angka kematian ini berkaitan dengan kehamilan, persalinan, dan nifas. Bukan karena sebab lain. Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, AKI sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Sementara target AKI di tahun 2015 adalah 102 kematian per 100.000 kelahiran hidup. Jadi, target angka ini masih jauh dari yang harus dicapai.

AKI sebesar 359 ini, 82 persennya terjadi pada persalinan ibu berusia muda, 14-20 tahun.  Ada berbagai penyebab kematian ibu. Menurut laporan rutin Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) tahun 2007, penyebab langsung kematian ibu adalah perdarahan (39%), keracunan kehamilan (20%), infeksi (7%) dan lain-lain (33%). Kondisi tersebut ditunjang pula dengan keadaan sosial ekonomi sebagian masyarakat yang masih berada digaris kemiskinan, fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang belum tersebar secara merata tenaga kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

Maka, untuk dapat menurunkan AKI dilakukan program-program dengan berbagai terobosan. Mulai dari mendewasakan usia pernikahan dini atau menunda kehamilan pertama sampai usia ibu minimal 18 tahun. Upaya lain yang dilakukan yaitu pertolongan persalinan pada ibu hamil dibantu oleh tenaga kesehatan terlatih, apakah itu dokter kandungan, dokter umum, atau bidan. Persalinanpun dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kesehatan ibu menjadi fokus perhatian, khususnya di daerah-daerah terpencil, perbatasan, atau kepulauan. Para ibu diberi edukasi pengetahuan sehingga mereka mampu mencegah masalah kesehatannya. Selain itu, diupayakan pula peningkatan kualitas fasilitas, serta sarana dan prasarana kesehatan.

Angka Pernikahan Dini di Indonesia Peringkat Kedua di Asia Tenggara.

Angka Pernikahan Dini di Indonesia Peringkat Kedua di Asia Tenggara.

Pentingnya Gizi Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Gizi Bagi Ibu Hamil