Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Makna 1000 Hari Pertama Kehidupan

Makna 1000 Hari Pertama Kehidupan

05R4180.jpg

  Selama ini kita selalu memberitahu bahwa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang paling penting untuk pertumbuhan anak, yaitu dari dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Di sinilah orang tua harus memperhatikan asupan gizinya karena banyak dari pertumbuhan yang terhambat disebabkan oleh kekurangan gizi di periode tersebut.

Secara medis, periode sejak pembuahan sampai usia 2 tahun merupakan kesempatan emas untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita.

Intervensi yang bisa dilakukan ada dua, yaitu intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif. Intervensi gizi spesifik  adalah intervensi yang dilakukan langsung kepada ibu hamil atau anak balita. Kegiatan yang masuk dalam intervensi spesifik adalah: 1) Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD), dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) selama kehamilan, pemberian ASI eksklusif (selama 6 bulan), serta imtil anak usia 6-59 bulan pemberian ASI, Makanan Pendamping ASI (MPASI), kapsul vitamin A, dan multivitamin.

Sedangkan intervensi sensitive adalah intervensi yang dilakukan di tingkat masyarakat yang mungkin tidak secara langsung kepada ibu atau anak. Namun, intervensi gizi sensitive akan berdampak pada kesehatan meraka. Contohnya adalah: mempermudah akses pangan yang bergizi, meningkatkan akses air bersih dan sanitasi dan Keluarga Berencana (KB)

Gizi Remaja juga Tidak Kalah Penting dalam Upaya Pencegahan Stanting

Gizi Remaja juga Tidak Kalah Penting dalam Upaya Pencegahan Stanting

Mendapatkan Kandungan Asam Folat Tidak Harus Dari Susu Ibu Hamil

Mendapatkan Kandungan Asam Folat Tidak Harus Dari Susu Ibu Hamil