Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Makanan Dengan Kandungan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Makanan Dengan Kandungan Zat Besi untuk Ibu Hamil

manfaat-kacang-merah-bagi-kesehatan.jpg

Sumber Pangan Zat Besi untuk Ibu Hamil Sebenarnya, makanan yang kaya zat besi banyak ditemukan di sekitar kita, dan makanan kaya zat besi juga sangat mudah untuk diolah. Tapi, terkadang tubuh ibu belum tentu dapat menyerap semuanya. Jadi, dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, papaya, dan melon, penyerapan zat besi akan lebih maksimal.

Ini adalah beberapa sumber makanan yang kaya zat gizi:

  1. Bayam: Bayam merupakan jenis sayur yang kaya sekali dengan zat besi, yaiti sekitar 2.7 mg zat besi per 100 g.
  2. Daging Merah
  3. Hati Ayam
  4. Kacang Merah
  5. Tomat
  6. Ikan: Selama ini ketika tim Gizi Tinggi berkunjung ke daerah, kita sering bertemupara ibu yang berfikir bahwa ikan tidak baik untuk kehamilan, dan juga setelah ibu melahirkan. Banyak sekali penjelasan yang kita dapat, seperti ASI yang akan berbau amis dan luka jahitan yang tidak akan sembuh karena mengonsumsi ikan. Tetapi, ternyata, ikan juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi agar ibu dan juga janin tetap sehat.
  7. Yoghurt
  8. Sereal
  9. Kismis
  10. Roti gandum
  11. Kacang tanah
  12. Telur
  13. Tempe
  14. Beras merah
  15. Tiram

Ketika kita melihat daftar makanan yang di atas, ternyata banyak sekali dari mereka yang merupakan pangan lokal, atau sumber makanan yang kita bisa dapatkan di pasar dekat kita. Itulah yang sebenarnya dianjurkan oleh World Health Organization, bahwa makanan untuk ibu hamil serta bayi (MPASI) lebih baik berasal dari pangan lokal yang mudah diolah dan ditemukan. Semoga ibu dapat menerapkan sumber makanan ini di dalam menu sehari-hari agar bayi lahir dengan sehat dan ibu melahirkan dengan selamat.

 

 

Mengenal Anemia Akibat Kekurangan Zat Besi pada Ibu Hamil

Mengenal Anemia Akibat Kekurangan Zat Besi pada Ibu Hamil

Resolusi Tahun 2017 Untuk Para Ayah

Resolusi Tahun 2017 Untuk Para Ayah