Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Madiun Serius Wujudkan Sanitasi Sehat

Madiun Serius Wujudkan Sanitasi Sehat

20160321bank_sampah.jpg

Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, menyatakan keseriusannya dalam mewujudkan sanitasi sehat di wilayahnya, demi terciptanya kota yang bersih dan masyarakat sejahtera. Hal itu dibuktikan dengan melakukan kegiatan survei penilaian risiko kesehatan lingkungan atau "Enviroment Health Risk Assesment" (EHRA), terhadap ribuan warganya yang mengerti tentang kondisi sanitasi di rumah dan lingkungan tempat tinggal.  Guna mendapatkan data yang akurat, masing-masing kelurahan diambil delapan wilayah rukun tetangga sebagai sampel survei. Adapun survei dilakukan sejak awal Maret hingga tanggal 20 Maret 2016. "Survei ini bertujuan menggali permasalahan sanitasi dan mengetahui kondisi sanitasi di Kota Madiun. Hasil survei ini nantinya dijadikan pedoman program sanitasi permukiman di Kota Madiun," ujar Suprapto, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kota Madiun.

Survei tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yakni survei fasilitas sanitasi yang meliputi sumber air minum, pembuangan sampah, jamban, serta saluran pembuangan air limbah. Kemudian, ada perilaku higenis dan sanitasi masyarakat, seperti perilaku berhenti melakukan buang air besar di sembarang tempat, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, pengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah, dan pengelolaan air limbah rumah tangga.

Survei dilakukan dengan melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan, Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya (PUCK), Badan Pusat Statistik (BPS), dan instansi terkait lainnya. “Pemkot Madiun melibatkan 27 orang kader dari 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun. Setiap kader bertugas untuk melakukan survei lapangan ke sejumlah rumah tangga,” jelas Suprapto.

Sebelumnya, survei serupa telah dilakukan Pemkot Madiun pada tahun 2013 lalu dan ditindaklanjuti dengan pembangunan jamban, drainase, dan lainnya yang menunjang Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP). Survei tahun 2016 ini untuk me-review atau meninjau kembali strategi sanitasi kota (SSK) Madiun.

Kondisi sanitasi di Kota Madiun cukup bagus telah membawa Madiun menjadi kota yang telah mendeklarasikan diri sebagai kota yang terbebas dari "Open Defication Free" (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan.

(Sumber: Antarajatim.com)

 

Program Penyediaan Air Minum di Bantul

Program Penyediaan Air Minum di Bantul

Empat Raperda Diajukan Pemda Hulu Sungai Utara, Kalsel

Empat Raperda Diajukan Pemda Hulu Sungai Utara, Kalsel