Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kenapa Bayi Tampak Kuning?

Kenapa Bayi Tampak Kuning?

penyakit-kuning-pada-bayi-gayasehat-757x585.jpg

  Orangtua pasti akan bertanya-tanya melihat bayinya yang kelihatan kuning kulitnya. Mengapa bisa terjadi demikian? Ibu bisa periksa kuning tidak bayinya. Caranya dengan melihatnya di bawah sinar yang terang, kemudian tekan jari di dahinya, dan puncak hidungnya  akan tampak kuning. Juga periksa pula bagian putih bola matanya.

Umumnya bayi mengalami kuning pada hari ke-2 atau 3. Ini terjadi hampir pada semua bayi baru lahir.  Jika dialaminya lebih dari 24 jam tak masalah dan ini normal. Karena kuningnya bersifat fisiologis saja karena fungsi hati yang kurang matang. Kuningnya ini akan menghilang dalam 2 minggu, seiring matangnya fungsi hati. Biasanya pada bayi sekitar usia 3-10 minggu. Lebih lama lagi menghilang kuningnya pada bayi yang memperoleh ASI atau bayi prematur.

Pada bayi kuning, sebaiknya bayi terus disusui, jangan dihentikan. Berikan ASI minimal 8-12 kali per hari. Keadaan kuning yang memberat tandanya jika warna kulit bayi tampak kuning mengkilat, bayi tampak sakit seperti rewel, demam, kurang menyusunya, timbul tanda atau gejala lain yang menunjukkan bayi tidak sehat.  Jika seperti itu maka ibu perlu membawanya ke dokter.

Bolehkah Menjemur Bayi Baru Lahir?

Bolehkah Menjemur Bayi Baru Lahir?

Cara Memantau Tumbuh Kembang Anak

Cara Memantau Tumbuh Kembang Anak