Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kenali Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini

Kenali Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini

cara.pro_.jpg

  Sejak bayi lahir akan mengalami proses tumbuh dan berkembang di usia-usia selanjutnya. Secara fisik, anak akan tumbuh dengan bertambahnya ukuran tubuhnya, serta berkembang pula dalam kemampuannya.

Proses tumbuh kembang anak ini berkelanjutan. Setiap usia ada tahapan perkembangan yang sudah harus dicapainya. Kemudian berlanjut pada tahapan perkembangan berikutnya yang harus dicapai. Jadi, anak akan melalui proses tahapan demi tahapan perkembangan. Tahapan inilah yang harus dikenali dan dipahami orangtua. Mengapa?

Adanya tahapan perkembangan membuat orangtua mengetahui apakah anaknya sudah mencapai suatu kemampuan sesuai usianya ataukah tidak. Orangtua dapat mengetahui ada tidaknya masalah dalam perkembangan anak serta dapat membantunya untuk mencapai tahapan perkembangan sesuai usia.

Perlu dipahami oleh orangtua bahwa dalam proses perkembangan setiap anak dapat berbeda. Karena tidak semua anak tumbuh berkembang dengan kecepatan yang sama. Bila ada kemajuan yang lambat dalam tumbuh kembang anak, mungkin masih dalam batas normal. Ada banyak kemungkinan penyebabnya. Apakah karena masalah gizi yang tidak tercukupi, masalah kesehatan anak, sanitasi yang buruk sehingga mempengaruhi kesehatan anak, atau kurangnya stimulasi. Segala kemungkinan ini harus dicari penyebabnya untuk kemudian segera diatasi. Apakah dengan memperbaiki gizi anak, menstimulasi dengan lebih baik, atau menangani masalah kesehatannya.

Jika memang anak tidak berkembang sesuai tahapan perkembangan sesuai usia, orangtua harus mencari pertolongan. Bicarakanlah dengan petugas kesehatan. Bisa jadi karena memang ada masalah serius pada kesehatan anak atau karena masalah kecacatan yang dimiliki anak.

 

Stimulasi Membuat Bayi Cerdas

Stimulasi Membuat Bayi Cerdas

Pentingnya Usia Dini

Pentingnya Usia Dini