Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Kenali Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri saat Bayi Tumbuh Gigi

Kenali Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri saat Bayi Tumbuh Gigi

kapan-bayi-siap-untuk-makanan-tambahan_ratio-1_700x278pxl-1.jpg

Pada sebagian orang tua seringkali kewalahan pada saat si kecil sedang tumbuh gigi. Dan biasanya ketika ia sedang tumbuh gigi, rasa nyeri atau gatal di gusinya. Oleh karena itu bayi akan lebih sering menangis. Selain itu, suasana hatinya lebih mudah marah, kemudian ditandai dengan demam (demam rendah), bahkan beberapa bayi mengawali pertumbuhan gigi susunya dengan mengeluarkan banyak ludah dan sering menggigit jarinya. Tetapi jangan khawatir, sekarang para orang tua dapat memilih jenis makanan yang dapat mengalihkan perhatian bayi terhadap nyeri yang ia rasakan. Selain itu, si kecil juga dapat bonus atas asupan gizi yang ada dalam makanan ini. Nah, sebelum anda memberikan pilihan jenis makanan untuk meredakan nyeri saat bayi tumbuh gigi, para orang tua harus membiasakan melakukan perawatan gigi dan gusi pada bayi.

Salah satu petanda lainnya adalah pertumbuhan dua gigi pada bagian bawah dan bagian atas, kemudian dilanjutkan dengan pertumbuhan gigi bagian lain yang mengikuti pertumbuhannya sedangkan tanda-tanda lainnya yaitu terjadi penebalan gusi, atau muka bayi sering kali memerah atau bagian pipi memanas. Oleh karena itu anda dapat menggunakan beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri pada saat bayi ibu tumbuh gigi. Misalnya dengan memijat gusinya dengan jari tangan anda untuk mengatasi tekanan dari gigi di bawah gusi.

Mentimun

Bagi bayi yang sedang tumbuh gigi dan sering kali mengeluhan sakit dan nyeri, dapat diberikan sayur mentimun yang dimasukan ke dalam nasi tim. Mentimun bermanfaat untuk meringankan rasa sakit pada gigi anak. Mentimun akan membantu dalam meningkatkan air liur, untuk menentralkan asam dan basa di dalam mulut.

Pisang 

Bayi dan anak balita di atas 6 bulan yang suka memasukkan jari dan tangan di dalam mulutnya, ibu dapat memberikan finger food yang sehat untuk membantu pertumbuhan gizinya. Dengan ada makanan yang digenggam, si kecil tidak terlalu sering memasukan jari dan menggigit-gigit jarinya. Salah satunya adalah pisang dengan kandungan gulanya yang alami serta serat. Selain itu, pisang dapat melengkapi gizi yang dibutuhkan anak anda dengan menyumbang asupan kalori yang tinggi. Pisang yang dapat ibu pilih adalah pisang mas atau pisang raja yang tidak terlalu besar untuk digenggam oleh bayi.

Alpukat

Selain pisang, alpukat juga dapat dikonsumsi oleh si kecil. Alpukat merupakan jenis buah yang bertekstur tetapi tidak akan membuat bayi tersedat meskipun diberikan langsung.

Wortel

Selain buah-buahan, sayur seperti wortel juga dapat membantu. Ibu bisa mencuci wortelnya terlebih dahulu, kemudian memotong wortel menjadi bentuk  korek api kemudian direbus, berikan pada bayi anda untuk membuatnya terbiasa mengunyah, sebaiknya tidak diberikan setengah matang karena akan menyulitkan bayi anda.

Itu lah jenis-jenis makanan yang dapat membantu para orang tua untuk meredakan tangisan bayi saat giginya tumbuh. Semoga membantu! Sumber: Bidanku.com

Baca juga: Perhatikan Tekstur MPASI, Harus Sesuai Usia Bayi!

Pentingnya Atur Jadwal MPASI

Pentingnya Atur Jadwal MPASI

Kasus Bebiluck: Ibu Harus tetap Waspada

Kasus Bebiluck: Ibu Harus tetap Waspada